Kenapa banyak orang yang gagal dalam mengajukan kartu kredit? Penyebabnya sepele. Mereka tidak memperhatikan betul apa saja syarat mengajukan kartu kredit. Padahal, secara umum syarat-syarat yang harus dipenuhi itu hanya ada 3.

Tentu saja setiap bank mungkin punya persyaratan khusus. Namun, untuk pengajukan kartu kredit di bank HSBC, syaratnya secara umum hanya ada 3.

Namun, sebelum Anda mengajukan kartu kredit, sebaiknya Anda ketahui dulu apa jenis kartu kredit yang ingin Anda dapatkan. Dalam hal ini, Anda harus kembali pada apa yang sebenarnya Anda butuhkan. Apakah Anda ingin traveling dengan budget yang lebih mudah dengan berbagai fasilitas menarik? Maka Anda butuh Kartu Kredit Visa Signature. Lain hal jika Anda hobi belanja branded. Anda butuh Kartu Platinum.

Terlepas dari hal tersebut, Anda jangan khawatir mengenai cara registrasi. Mudah sekali. Anda hanya perlu memperhatikan 3 hal.

  1. Umur

Tidak semua orang bisa mendapatkan kartu kredit. Meskipun sudah berusia 17 tahun dan sudah bisa membuka tabungan sendiri, anak usia 17 tahun tidak diperkenankan untuk mendapatkan kartu kredit.

Alasannya sederhana. Anak usia 17 tahun bisa begitu membutuhkan kartu kredit. Selain itu, secara umum, anak usia 17 tahun belum punya pendapatan yang tinggi meskipun sebenarnya zaman sekarang banyak anak usia 17 tahun yang pendapatannya jauh dari orang dewasa sudah bekerja bertahun-tahun. Akan tetapi, syarat pengajuan kartu kredit ditentukan berdasarkan hal yang umum.

Lalu, berapa usia minimal orang yang berhak mengajukan kartu kredit? Minimal usianya adalah 21 tahun. Dan maksimal usia 60 tahun. Jadi, jika Anda sudah berusia di atas 21 tahun dan tidak sampai usia 60 tahun, silakan mendaftar.

Meskipun demikian, pihak bank tidak begitu saja menyetujui pendaftar yang usianya 21 tahun. Apalagi jika pekerjaannya belum tetap. Biasanya, bank akan dengan sangat mudah menyetujui orang dengan usia sekitar 25 hingga 30 tahun karena pada usia tersebut seseorang secara umum sudah bekerja cukup lama di sebuah perusahaan.

  1. Pendapatan

Dulu, untuk mendapatkan kartu kredit, Anda harus punya pendapatan yang tinggi. Namun, untuk saat ini, peraturannya semakin longgar. Apalagi di HSBC. Anda dengan pendapatan per tahun sekitar 5 juta saja, Anda sudah bisa mendapatkan kartu kredit.

Akan tetapi, ada syarat tertentu untuk Anda yang ingin mendapatkan kartu kredit HSBC VISA Signature. Setidaknya, pendapatan bulanan Anda mencapai 20 juta rupiah. Begitu juga dengan kartu Platinum di mana pendapatan bulanan Anda minimal 15 juta rupiah.

Pihak bank juga mempertimbangkan di mana Anda tinggal. Untuk Anda yang tinggal di kota besar seperti sekitar Jabotabek, pendapatan minimal beda dengan yang berada di luar Jabotabek.

  1. Dokumen

Jika usia sudah menenuhi syarat dan pendapatan Anda sudah melampaui minimal, sekarang Anda hanya perlu melakukan pemberkasan. Adapun berkas yang Anda harus siapkan adalah sebagai berikut:

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi bukti penghasilan
  • Fotokopi NPWP

Biasanya, orang lupa untuk melengkapi data diri mereka dengan fotokopi NPWP. Sekarang ini, hampir semua layanan perbankan membutuhkan NPWP. Jadi, jika Anda belum punya NPWP, segera ke kantor pajak dan buat NPWP.

Apakah ketiga syarat tersebut sudah terpenuhi? Jika sudah, Anda bisa langsung mendaftarkan diri.

Agar Pengajukan Kartu Kredit Cepat Disetujui

Sederhana sekali jika Anda ingin segera memiliki kartu kredit. Namun, kalaupun Anda sudah melengkapi semua persyaratan mengajukan kartu kredit, belum tentu juga pihak bank akan menyetujui. Mungkin saja ada pertimbangan lain yang digunakan oleh bank sehingga Anda dirasa tidak layak untuk mendapatkan kartu kredit

Untuk itu, Anda perlu mengikuti tips berikut ini.

  1. Tidak Ada Track Record Yang Buruk

Apakah Anda baru pertama kali mengajukan kartu kredit? Jika ya, maka bank bisa dengan mudah melakukan approval. Akan tetapi, jika sebelumnya Anda sudah pernah memiliki kartu kredit dan ada masalah seperti keterlambatan pembayaran atau yang sering disebut dengan kredit macet, maka kemungkinan besar Anda tidak akan mendapatkan approval.

Maka dari itu, selesaikan urusan perbankan yang dulu. Baru kemudian Anda bisa mengajukan kartu kredit baru.

  1. Karyawan

Seorang karyawan lebih mudah untuk mendapatkan kartu kredit. Berbeda dengan pengusaha. Untuk pengusaha, pihak bank akan benar-benar teliti untuk menilai apakah Anda layak untuk mendapatkan kartu kredit atau tidak.

Hal ini berdasarkan logika yang sederhana. Seorang karyawan memiliki gaji tetap. Jadi sangat mudah bagi pihak bank untuk mengetahui kemampuan finansial Anda. Berbeda dengan pengusaha.

Maka dari itu, jika Anda seorang karyawan tapi di lain sisi Anda juga punya usaha (menjadi seorang pengusaha), sebaiknya Anda ajukan diri sebagai seorang karyawan saja. Kecuali jika usaha Anda beromset besar. Maka tidak masalah jika Anda mengajukan kartu kredit atas nama pengusaha.

  1. Jujur

Sekali Anda melakukan kebohongan, bank akan melakukan blacklist. Bukan tidak mungkin bank lain pun tahu tentang hal tersebut.

Sekarang ini, banyak sekali orang yang menaikkan pendapatannya dari yang sesungguhnya hanya untuk mendapatkan approval dari bank. Jangan lakukan hal tersebut. Jujur saja karena bank bisa saja memiliki pertimbangan lain sehingga Anda tetap mendapatkan kartu kredit meskipun gaji Anda tidak terlalu tinggi.

Sekarang ini, semakin mudah untuk melakukan registrasi kartu kredit. Kini, Anda bisa melakukan registrasi dengan memasukkan semua syarat mengajukan kartu kredit secara online.