makanan bergizi
makanan bergizi

Bagi Bunda sangat penting memastikan bahwa asupan gizi untuk si kecil cukup setiap harinya. Salah satu cara untuk memenuhi asupan gizi si kecil adalah dengan memberikan makanan yang sesuai kandungan asupan nya. Tidak ada makanan yang memiliki kandungan gizi sempurna, oleh karena itu, sebaiknya Bunda mengajari si kecil untuk menyukai makanan bergizi yang bervariasi.

Namun kendala selanjutnya muncul, yaitu si kecil yang menolak untuk makan makanan bergizi secara bergantian. Tulisan ini hadir untuk memberikan tips bagaimana bunda merangsang si kecil supaya menyukai variasi makanan yang penuh gizi. Langsung saja yuk simak ulasan berikut ini:

makanan bergizi
makanan bergizi

1. Menghindari Makanan Siap Saji

Banyak sekali iklan makanan siap saji yang ada di televisi, tentu si kecil menginginkannya. Solusinya adalah dengan Bunda menyiapkan makanan atau cemilan siap saji rumahan yang tentu saja lebih terjamin gizinya.

Contohnya, Bunda dapat membuatkan nugget yang disukai oleh si kecil. Ketika menyiapkan cemilan siap saji rumahan, Bunda dapat mengkombinasikan bahan-bahan yang bergizi seperti sayuran atau daging.

2. Memasak dan Menyiapkan Makanan dengan Kreatif

Nah, tips kedua ini merupakan kunci kesuksesan Bunda dalam merangsang si kecil menyukai makanan bergizi yang bervariasi. Misalnya, jika biasanya Bunda memasak Jagung sebagai sup atau sayur bening. Bunda dapat mengolahnya menjadi puding atau es krim dengan bentuk yang lebih disukai si kecil. Hindari kebiasaan jajan di luar bagi si kecil.

3. Mengenalkan Variasi Makanan yang Kaya Gizi dengan Rutin

Variasi makanan yang kaya bergizi harus Bunda lakukan supaya si kecil mengenal berbagai jenis makanan. Selain itu, dengan variasi makanan bergizi si kecil tidak mudah bosan. Misalnya memasak berbagai olahan sayur secara bergantian setiap hari atau dengan mengkombinasikan dua atau tiga sayur dalam satu masakan.

4. Ketergantungan dengan Makanan Bergizi

Setelah berjalannya waktu, si kecil akan terbiasa dan menyukai makanan yang kaya akan gizi. Oleh karena itu, sebaiknya Bunda hanya mengisi kulkas dan meja makan dengan makanan yang kaya akan gizi. 

Meta: Nah, tips kedua ini merupakan kunci kesuksesan Bunda dalam merangsang si kecil menyukai makanan bergizi yang bervariasi.