Sekolah Design
Sekolah Design

Desain digital kini semakin diminati di masyarakat. Pelajar yang berminat untuk mendalami ilmu desain ini juga semakin banyak jumlahnya. Seiring dengan kemajuan teknologi yang berkembang pesat, sekolah design digital ini juga semakin diminati. Jika Anda ingin belajar di sini maka harus mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Istilah Desain Digital

Demi mempersiapkan diri menempuh pendidikan desain, maka penting sekali untuk mulai mengenal beragam istilah di bidang tersebut. Berikut ini adalah 5 istilah yang penting untuk dipahami sebelum belajar lebih jauh tentang desain digital.

  • CSS

Cascading Style Sheets merupakan bagian penting dari perencanaan sebuah website. CSS akan membantu proses pengendalian beragam komponen website supaya bisa memiliki struktur yang baik. CSS itu sendiri diartikan juga sebagai sebuah aturan yang akan menentukan cara supaya sesuatu bisa ditampilkan lewat website. 

Bagi pengguna internet dan peselancar situs, CSS ini akan membantu sebuah website bisa terbaca. Sementara itu bagi desainer website, CSS juga memiliki fungsi penting. CSS ini akan membantu Anda untuk melakukan perubahan pada beragam jenis atribut di website. Mulai dari warna, teks, dan lain sebagainya dapat diganti dalam satu langkah mudah.

Sekolah Design
Sekolah Design
  • Dither

Istilah berikutnya yang penting untuk dipahami adalah Dither. Dither ini adalah suatu proses yang dilalui saat desainer melakukan edit audio maupun gambar digital. Pada jenis file audio, penggunaan dither akan sangat membantu mencegah munculnya random noise. 

Pemanfaatan dither ini sebenarnya cukup rumit dan tentu hanya dipahami oleh para desainer digital. Dither ini melibatkan rumus matematika yang rumit sehingga dihasilkan noise terhadap suatu file gambar maupun audio digital. Proses dither ini akan mempermudah para desainer menghasilkan ilusi warna yang menarik perhatian.

  • RGB dan HEX

Para desainer digital juga wajib mengetahui apa itu RGB dan HEX. Mahasiswa sekolah design biasanya akan mempelajari bagian ini di awal masuk pembelajaran. RGB dan HEX merupakan nilai warna numerik yang banyak digunakan dalam dunia desain digital.

RGB itu sendiri memiliki makna Red, Grey, dan Blue. RGB adalah 3 warna utama yang bisa menghasilkan spektrum warna lebih luas. Sementara itu HEX merupakan 6 nomor yang dipakai dalam proses representasi jenis warna melalui aplikasi CSS, HTML, juga perangkat lunak untuk keperluan desain digital.

  • Resolusi

Desainer digital juga harus berkenalan dengan resolusi. Resolusi itu sendiri memiliki peran penting dalam peningkatan kualitas gambar yang ada di suatu website. Penentuan dan pengukuran resolusi itu sendiri tidaklah mudah. Dibutuhkan pertimbangan piksel per inci saat menyimpan gambar yang sudah Anda desain. Penentuan resolusi ini menjadi suatu proses yang penting bagi para desainer digital.

  • Metadata dan Meta Tag

Istilah berikutnya yang wajib dipahami desainer digital adalah metadata dan meta tag. Dua hal ini tidak bisa dipisahkan karena punya kaitan yang sangat erat. Metadata adalah informasi yang memuat data konten suatu item yang disimpan dalam file digital. Sementara itu meta tag merupakan tag HTML yang akan membantu desainer digital mengendalikan search engines mengenali website.

Itulah 5 istilah penting yang wajib dipahami oleh pelajar di sekolah design. Dunia desain digital begitu luas dan semakin menarik untuk dipelajari saat ini. Jika Anda tertarik menguasai bidang ilmu yang satu ini, bergabung saja dengan IDS Digital College. Anda bisa belajar banyak mengenai dunia desain digital dan mendapat peluang karier yang cerah.