pouch
pouch

Dalam membuat berbagai jenis barang atau produk, bahan merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Pasalnya jenis bahan yang digunakan nantinya akan berpengaruh terhadap kualitas dan kenyamanan produk. Apabila berhasil menemukan bahan yang pas maka barang yang Anda buat akan lebih memuaskan. Hal tersebut juga berlaku jika Anda akan mencetak barang seperti dompet pouch. Agar hasil sesuai keinginan, maka Anda harus mengenal apa saja jenis bahan yang biasa digunakan untuk membuatnya. Langsung saja, berikut ini adalah 6 jenis bahan yang bisa Anda pilih untuk membuat dompet tersebut:

Kain Drill

Kain drill merupakan bahan pertama yang biasa digunakan untuk membuat dompet ini. Bahan ini bisa dibilang sebagai bahan paling bagus dan mahal. Karena harga bahan yang mahal otomatis harga produknya juga lebih mahal. Namun hal tersebut tentu saja sesuai dengan kualitas yang dihasilkan oleh bahan ini dimana kualitasnya pasti paling baik diantara bahan-bahan lain. Pasalnya, kain drill tidak mudah kusut, tidak mudah pudar, dan kuat.

Kain Kanvas

Bahan kedua yang biasa digunakan adalah kain kanvas. Karakteristik dari kain kanvas yaitu halus, tidak kaku, dan tebal. Disamping itu, bahan ini juga memiliki warna putih gading atau sedikit abu akibat proses pembuatannya. Kain kanvas memang dibuat dari bahan mori yang melalui proses pemutihan. Selain digunakan dalam pembuatan pouch, kain kanvas juga digunakan untuk membuat tas.

Kain Perca

Mungkin Anda sudah tahu apa itu kain perca. Kain perca sendiri merupakan kumpulan kain yang berasal dari sisa pembuatan produk tertentu seperti baju, tas, atau yang lainnya. Meskipun termasuk bahan sisa, namun bahan ini seringkali dimanfaatkan untuk berbagai macam produk. Malahan kain perca yang berasal dari berbagai macam motif dan warna bisa membuat dompet terlihat lebih indah.

Kain Blacu

Kain blacu ini bisa dibilang mirip dengan kain kanvas karena berasal dari bahan utama yang sama yaitu kain mori. Perbedaannya yaitu, kanvas melalui proses pemutihan sedangkan blacu tidak melalui proses pemutihan. Kain ini dipilih karena harganya terbilang cukup murah dibandingkan dengan jenis bahan lainnya. Namun keawetan dan kualitas bahan memang tidak sebaik kain drill atau kain kanvas. Apabila Anda membutuhkan souvenir dalam jumlah banyak namun dengan budget minim maka kain blacu bisa menjadi pilihan.

pouch
pouch

source: https://www.snapy.id/images/product/Pouch.jpg

Kain Spunbond

Ternyata selain blacu ada satu bahan lagi yang dinilai lebih murah yaitu kain spunbond. Kain ini dibuat dari olahan serat panjang yang dikombinasi dengan cat pelarut dan bahan kimia. Harga dari kain spunbond murah karena kain ini lebih rapuh dibandingkan bahan lainnya. Meskipun begitu, bahan ini tetap bagus digunakan sebagai souvenir pernikahan atau yang lainnya.

Kain Katun

Bahan terakhir yang bisa Anda jadikan pilihan adalah kain katun. Bahan ini sebenarnya sangat jarang digunakan dibandingkan dengan bahan-bahan lain. Pasalnya, bahan ini terbilang cukup mahal karena terbuat dari kapas alami. Namun karena hal tersebut, kain katun bisa menghasilkan produk yang bagus dan juga awet.

Itulah 6 jenis bahan yang sering digunakan untuk membuat dompet pouch. Dari daftar di atas, bahan paling cocok untuk Anda pilih adalah kain drill. Kain ini memiliki kualitas bahan yang dinilai elegan sehingga bisa menghasilkan dompet yang bagus. Disamping itu, kain drill juga lebih mudah dipakai dalam textile printing sehingga Anda tidak akan kecewa dengan hasil yang akan didapatkan.

Jika ingin mendapatkan keuntungan yang lebih banyak, Anda bisa menggunakan jasa Snapy untuk mencetaknya. Jasa percetakan digital satu ini menghadirkan banyak kelebihan seperti proses cepat, bisa custom, layanan antar dengan GoSend, dan masih banyak yang lainnya. Simak informasi selengkapnya mengenai Snapy dan berbagai produknya di website snapy.id