jurusan teknik informatika
jurusan teknik informatika

Jurusan TI atau Teknik Informatika menjadi salah satu jurusan favorit karena mempelajari sektor yang sedang dibutuhkan saat ini yaitu jaringan, programming, dan desain. Kebanyakan pekerja di bidang IT bekerja di dalam ruangan dan berhubungan dengan perangkat komputer. Anda juga harus memiliki kemampuan logika, programming, dan hitungan yang baik untuk menjadi seorang ahli IT. Sebagai salah satu jurusan favorit, tentu saja jurusan Teknik Informatika memiliki prospek kerja menjanjikan.

Namun tidak semua peluang kerja untuk jurusan TI bisa dimasuki oleh fresh graduate atau lulusan baru. Pasalnya beberapa profesi membutuhkan pengalaman tinggi agar dapat bekerja dengan baik. Tenang saja, masih banyak peluang kerja yang bisa dimasuki oleh fresh graduate, berikut beberapa di antaranya:

jurusan teknik informatika
jurusan teknik informatika

Mobile Application Developer

Mobile Application Developer merupakan profesi yang bertugas untuk membuat aplikasi berbasis mobile seperti android dan iOS. Apabila Anda memiliki ketertarikan di bidang ini bisa mengambil peminatan di bidang mobile application programming. Selain kreativitas, profesi ini juga membutuhkan pemahaman algoritma yang baik.

Web Designer

Jika Anda hobi desain namun juga menyukai pemrograman, maka profesi Web Designer adalah profesi yang cocok untuk dimasuki. Tugas dari Web Designer adalah mengerjakan tampilan website. Bukan hanya dari segi visual atau tampilan saja, namun juga responsivitas dari halaman website yang dibuat. Percuma jika halaman website menarik namun lambat saat digunakan.

Web Developer

Jika Web Designer bertugas mendesain halaman website, maka lain halnya dengan Web Developer yang bertugas membangun semua fungsi di dalam sebuah website. Beberapa orang terkadang memiliki keahlian sebagai Web Designer dan Web Developer sekaligus karena pekerjaan yang saling berhubungan.

Software Tester

Software Tester merupakan profesi di bidang IT yang sangat menarik bagi lulusan baru. Tugasnya yaitu melakukan pengujian pada software atau perangkat lunak yang telah dibuat oleh programmer. Meskipun tampak mudah namun Software Tester memiliki tanggung jawab tinggi agar software yang dibuat sempurna dan minim bug.

Network Administrator

Prospek kerja jurusan Teknik Informatika ini cocok untuk Anda yang menyukai jaringan. Pasalnya Network Administrator memiliki tugas untuk menjaga keamanan dan keberlangsungan jaringan yang ada di sebuah perusahaan. Beberapa hal yang dilakukan seperti mengkoneksikan komputer dan internet, membuat DNS server, membuat FTP server, serta membuat email server.

SEO Specialist

SEO atau Search Engine Optimization penting untuk meningkatkan nilai sebuah konten website di mesin pencarian. Dengan begitu, orang akan langsung menemukan website Anda saat melakukan pencarian dengan keyword tertentu. SEO Specialist membutuhkan kemampuan dalam menggunakan tools MOZ, Google Analytics, Google Search Console, dan lain sebagainya.

Computer Forensic Investigator

Profesi ini mungkin masih sedikit asing di telinga Anda. Computer Forensic Investigator bekerja secara khusus untuk mencari bukti yang disimpan secara digital. Biasanya ahli forensik komputer bekerja di lembaga penegakan hukum.

Itulah 7 prospek kerja jurusan Teknik Informatika yang bisa dimasuki oleh lulusan baru atau fresh graduate. Tidak hanya bekerja di perusahaan saja, lulusan IT juga bisa membangun bisnis sendiri. Saat ini banyak sekali ahli IT yang lebih memilih membangun startup dibandingkan bekerja di bawah perusahaan meskipun gajinya besar.

Untuk mewujudkan impian menjadi ahli IT, Anda perlu menempuh pendidikan di tempat yang tepat. IDS Digital College merupakan tempat yang tepat jika Anda ingin kuliah jurusan TI. Jurusan ini tepatnya ada di STMIK Bidakara yang memiliki keunggulan seperti kurikulum internasional, fasilitas lengkap, hingga tim pengajar kompeten. Selengkapnya mengenai jurusan TI dari IDS Digital College bisa dilihat di website ids.ac.id.