Alat tes Kesuburan

Bagi pasangan yang sedang menantikan buah hati, mengetahui kapan masa subur akan sangat membantu dalam proses perencanaan kehamilan. Saat ini sudah ada alat tes kesuburan yang dapat membantu menentukan kapan masa subur seorang wanita.

Alat tes kesuburan atau ovutest dapat berupa Ovutest Digital dan Ovutest Femometer. Kedua alat tes ini memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk menentukan masa subur seorang wanita. Dengan alat ini Anda bisa mengetahui kapan masa subur, sehingga dapat membantu perencanaan kehamilan.

Ovutest Digital menentukan masa subur wanita dengan mengukur kadar LH pada urine. Penggunaannnya pun cukup mudah. Anda hanya perlu memasukkan ujung stick test ke alat baca sampai muncul tanda simbol air. Kemudian masukkan ke dalam wadah berisi urine selama 10 detik. Setelah itu, letakkan stick test pada wadah datar. Setelah 3 menit, akan muncul hasil “YES” (masa subur) atau “NO” (ridak subur).

Ovutest Digital mirip dengan tes pack kehamilan. Hanya saja berbeda tujuan penggunaanya. Ovutest Digital dapat ditemukan dengan mudah di apotek-apotek maupun di aplikasi belanja online. Harganya pun terjangkau. Dalam satu dus berisi 7 stisk test yang hanya dapat digunakan satu kali. Pemakaian Ovutest Digital disarankan pada sore hari. 

Ovutest Femometer merupakan termometer basal yang mengukur suhu basal tubuh untuk menentukan masa subur seorang wanita. Oleh karena itu, pemakaian Ovutest Femometer disarankan pada pagi hari. Yaitu setelah bangun tidur dan sebelum melakukan aktivitas.

Alat tes Kesuburan

Penggunaan Femometer sangat mudah. Anda hanya perlu menginstal aplikasi Femometer di Appstore atau Playstore. Kemudian sinkronkan dengan Bluetooth pada smartphone Anda. Pada pagi hari, Anda hanya perlu memasukkan ujung stainless ke bawah lidah Anda selama 10 detik. Alat akan merekam dan menganalisis suhu tubuh Anda, kemudian hasilnya akan dikirim ke smartphone Anda. Hasil akan berupa berbagai kode warna yang menunjukkan suhu tubuh Anda.

Untuk memperoleh hasil yang maksimal, sebaiknya Anda memakai ovutest setiap hari selama siklus menstruasi penuh, yaitu dari hari pertama haid sampai hari pertama haid selanjutnya.

Dengan alat tes kesuburan Anda dapat mengetahui kapan masa subur Anda, sehingga dapat membantu perencanaan kehamilan. Selain itu, alat ini juga dapat digunakan untuk memahami siklus bulanan atau bagi perempuan aktif, dapat digunakan untuk menunda kehamilan secara natural.