Kepanikan melanda masyarakat di berbagai negara ketika pandemic virus corona terus menyebar. Virus yang pada awalnya muncul di kota Wuhan, China ini sudah menyebar ke berbagai negara termasuk Indonesia. Agar tidak tertular, ada banyak benda penularan virus corona yang harus kita jauhi.

Benda penularan virus corona bisa benda apa saja yang pernah terkena percikan atau tetesan cairan yang berasal dari penderita corona atau covid 19. Menghindari kontak dengan benda-benda tersebut diharapkan bisa terjaga dari penularan virus covid 19 yang mematikan. Perlu diketahui, covid 19 telah menyebar ke lebih dari 183 negara dan terus bertambah.

Semua benda yang pernah disentuh oleh penderita berpotensi menjadi benda penularan virus corona. Kemungkinan besar tangan penderita mengandung virus yang mematikan ini. Bila tangan penderita menyentuh sesuatu, virus akan tertinggal pada benda tersebut. Jika anda menyentuh benda tersebut bisa jadi anda akan tertular virus corona.

Penyebaran virus corona

Banyak orang bingung dan ketakutan menghadapi pandemic virus corona yang terus merajalela. Hal ini disebabkan karena mereka memiliki pengetahuan yang minim tentang virus corona. Penyebaran corona yang begitu cepat membuat banyak orang ketakutan. Lalu penyebaran virus corona melalui apa? Pada dasarnya ada dua jenis penyebaran virus corona yaitu droplet dan airborne.

Yang dimaksud dengan droplet adalah penyebaran virus melalui cairan yang keluar dari penderita. Cairan ini bisa berupa percikan atau tetesan. Semua benda yang terkena cairan tersebut berpotensi menjadi benda penularan virus corona. Cara penularan kedua adalah dengan cara airborne atau melalui udara.

Jika anda menghirup udara didepan penderita yang bersin, anda bisa tertular virus ini. Namun demikian virus yang ada di udara tidak akan bisa hidup selamanya. Dalam jangka waktu tertentu, virus yang ada di udara akan mati sendirinya. Penggunaan masker dipercaya bisa mencegah terjadinya penularan virus corona di udara.

Cara mencegah penularan virus corona

Semua orang harus waspada terhadap virus corona karena selain mematikan, virus ini bisa menular dengan cepat. Segala upaya telah dilakukan pemerintah untuk mencegah terjadinya penularan virus corona secara besar-besaran. Kita harus mendukung setiap usaha pemerintah dalam memerangi virus jahat ini. Berikut adalah beberapa cara untuk mencegah terjadinya penularan virus covid-19:

1. Seserinng mungkin cuci tangan dengan menggunakan sabun dengan benar

Salah satu cara yang paling efektif untuk mencegah penularan covid 19 adalah dengan mencuci tangan. Sehabis kita menyentuh sesuatu jangan menyentuh muka sebelum melakukan cuci tangan. Cuci tangan harus dilakukan dengan cara yang baik dan benar.

Menggunakan sabun dan air mengalir adalah cuci tangan terbaik yang dianjurkan oleh dokter. Jika sedang bepergian atau sulit mendapatkan air gunakan hand sanitizer. Hand sanitizer yang mengandung alkohol minimal 60% dipercaya sanggup membunuh berbagai jenis virus termasuk virus covid 19.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Covid-19 bisa dengan mudah menyerang bila tubuh dalam kondisi kurang fit atau ketika daya tahan tubuh menurun. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, lakukan kebiasaan hidup sehat seperti olahraga, banyak istirahat dan makan makanan teratur. Mengkonsumsi tanaman herbal seperti jahe, kunyit dan sejenisnya sangat dianjurkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh seseorang.

3. Menghidanari keramaian

Sesuai anjuran pemerintah, lakukan sosial distancing dengan penuh kesadaran. Jangan pergi keluar rumah jika tidak benar-benar perlu. Hindari tempat keramaian dimana banyak orang berkumpul. Jika harus keluar rumah gunakan alat pelindung secukupnya. Ketika selesai bepergian, cuci tangan, mandi dan ganti baju sebelum bertemu dengan anggota keluarga lainnya.

4. Menggunkan masker

Selain melalui percikan, virus corona juga bisa menyebar melalui udara atau airborne. Untuk itu ketika anda bepergian keluar rumah sebaiknya anda memakai masker. Penggunaan masker sangat dianjurkan karena masker berfungsi untuk melindungi diri dari virus corona yang ada di udara.

Virus corona adalah virus yang sangat berbahaya dan sangat menular. Jika anda ingin tahu lebih detail tentang penularan virus corona, silahkan langsung klik tautan ini: https://www.cekaja.com/info/hindari-ini-7-benda-yang-menjadi-penularan-virus-corona/. Semoga pandemi corona yang melanda indonesia segera bisa diatasi.