Jasa kirim kini semakin banyak bermunculan.  Belanja online pun kini semakin diminati. Belanja online sendiri memang sangat erat bahkan tak bisa dipisahkan dengan jasa kirim barang. Namun tahukah Anda jika ongkos kirim bisa berbeda? Berikut adalah penjelasan mengenai penentuan biaya ongkos kirim termasuk faktor kecepatan seperti ekspedisi satu hari sampai.

  • Jarak

 Biaya ongkos kirim tentu bisa berbeda, tidak sama rata. Hal ini juga dipengaruhi oleh jarak.  Anda tidak akan mendapatkan biaya yang sama ketika Anda mengirimkan barang ke dua tempat dengan jarak yang berbeda.  Misalnya Anda mengirimkan barang dari kota bandung ke kota surabaya dengan harga 23.000 hal tersebut tidak akan sama ketika Anda mengirimkan barang dari kota bandung ke kota medan.  Hal ini disebabkan oleh jarak antara kota asal ke kota tujuan. Anda tidak bisa protes soal aturan ini ya.  

Jarak juga dipengaruhi oleh medan wilayah ada beberapa wilayah di indonesia yang masih sulit dijangkau oleh sebab itu biayanya pun akan lebih tinggi karena aksesnya yang sulit.

  • Berat Barang

Selain jarak hal lain yang juga mempengaruhi biaya ongkos kirim adalah berat barang.  Biaya ongkos kirim sendiri ditetapkan per kg. Artinya jika berat barang Anda lebih dari satu kg akan diberlakukan kelipatan harga.  Misal harga 1 kg barang yang Anda kirim senilai rp 10.000 ketika berat barang yang Anda kirim 3 kg Anda harus membayar 3 kali lipatnya yakni 30.000. 

Berat barang ini akan sangat mempengaruhi harga ongkos kirim yang harus Anda bayarkan. Namun, jika Anda hitung dengan biaya ongkos kirim barang dengan menggunakan jasa pengiriman lain mungkin saja harganya bisa lebih mahal apalagi jika Anda hanya mengirimkan barang dengan berat ringan. 

  • Kecepatan

Hal lain yang juga mempengaruhi harga ongkos kirim adalah kecepatan barang sampai di tempat tujuan.  Anda mungkin tahu jika berbagai ekspedisi pengiriman barang memiliki berbagai pilihan kecepatan barang.  Kecepatan barang tersebut umumnya ada paket yang sehari sampai, 3-7 hari sampai atau lebih dari tujuh hari.  Jika Anda memilih menggunakan paket satu hari atau besok sampai maka ongkos kirimnya akan lebih mahal jika di banding dua paket lain yang memakan waktu lebih lama.  Jika Anda ingin harga ongkos kirim yang lebih murah Anda bisa memilih untuk mengirim paket dengan kecepatan biasa atau bisa memakan waktu sampai 7 hari lamanya. Sedangkan bagi Anda yang ingin paket cepat sampai Anda bisa memilih pilihan paket yang dengan kecepatan ekstra dimana paket Anda akan sampai keesokan harinya. ekspedisi satu hari sampai ini memang sangat berguna untuk Anda yang sedang terburu-buru.

  • Menggunakan Asuransi 

faktor lain yang juga mempengaruhi harga ongkos kirim adalah asuransi.  Anda bisa memilih untuk menggunakan asuransi pengiriman barang atau tidak. Asuransi ini disarankan bagi Anda yang mengirim barang dengan nilai yang tinggi atau harga yang mahal.  Anda juga disarankan menggunakan asuransi ketika mengirim dokumen penting. Asuransi ini akan sangat berguna untuk Anda yang takut akan resiko barang rusak atau barang hilang. Jika menggunakan asuransi Anda bisa lebih tenang karena kerusakan dan resiko lainnya akan dikompensasi oleh pihak jasa kirim barang. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa asurnsi ini tidk wajib digunakan jadi biaya ongkos kirim tetap sama ketika Anda tidak menggunakan asuransi.