Meski hewan kecil, namun nyamuk sangat menyebalkan. Apalagi ketika nyamuk yang sulit dihitung jumlahnya itu menyerang kita secara beramai-ramai. Pastinya kulit kita akan bentol-bentol dibuatnya. Selain itu, nyamuk pun kerap membawa bibit penyakit berbahaya. Penyakit demam berdarah yang bisa mematikan manusia pun berawal dari nyamuk. Artinya, hewan kecil ini wajib dibasmi kalau tidak mau jadi sumber petaka.

Namun, dalam membasmi nyamuk, kita terbiasa dengan obat kimia, baik obat yang disemprot, dibakar ataupun yang dioles pada kulit. Padahal, ada cara mengusir nyamuk dari dalam rumah dengan bahan alami. Karena obat nyamuk yang terbuat dari bahan kimia, terkadang ada dampak buruknya, seperti obat nyamuk bakar atau semprot yang bisa mengganggu pernafasan apabila digunakan secara berlebihan.

Baiknya, kita gunakan bahan alami untuk mengusir dan membasmi nyamuk. Selain untuk mengirit biaya, juga dipastikan tidak akan timbul efek samping seperti halnya menggunakan obat kimia. Lantas, menggunakan bahan-bahan apa saja dalam mempraktekan cara mengusir nyamuk dari dalam rumah dengan bahan alami? Mari simak penjelesannya.

# Kulit Jeruk

Kulit jeruk sebenarnya resep legendaris yang banyak digunakan orangtua jaman dulu dalam cara mengusir nyamuk. Untuk dibuat obat alami sebagai penangkal nyamuk, caranya sangatlah mudah. Cukup pastikan kulit jeruk itu kondisinya kering. Setelah itu, kulit jeruk disimpan di beberapa tempat strategis di rumah Anda. Kenapa bisa dijadikan penangkal? Karena nyamuk tidak menyukai aroma kulit jeruk. Dengan begitu, dengan sendirinya nyamuk tidak bakalan masuk ke dalam rumah.

# Lemon

Buah lemon dengan jeruk sebenarnya sama jenisnya. Namun, untuk menjadi obat pengusir nyamuk, beda pengunaannya. Kalau jeruk penggunaannya ditebar kulitnya di setiap sudut rumah, tetapi lemon digunakan dengan cara dioles pada kulit atau seperti lotion.

Cara pembuatnya, campur air dengan sedikit lemon. Setelah itu oleskan ke seluruh tubuh. Cara ini sama seperti obat nyamuk oles yang berbahan lotion. Tapi, khasiat lemon pun sangat ampuh untuk mengusir nyamuk dan penggunaannya aman pada kesehatan kulit.

# Daun Serai

Daun serai pun ternyata ampuh untuk mengusir nyamuk. Karena nyamuk tidak menyukai aroma daun serai. Tetapi, apabila ingin menggunakan daun serai untuk obat pengusir nyamuk, memang sedikit ribet. Karena sebelum digunakan menjadi obat pengusir nyamuk, daun serai harus dihancurkan dengan menggunakan blender atau ditumbuk hingga halus. Tapi jangan lupa campur dengan sedikit air. Setelah selesai diblender atau ditumbuk, lalu buang ampasnya dan gunakan airnya. Kemudian air daun serai masukkan ke dalam botol dan semprotkan ke seluruh sudut ruangan.

Selain disemprotkan, bisa juga dengan cara lain, yakni dengan campurkan cairan atau air daun serai pada cairan pembersih lantai. Lalu gunakan untuk membersihkan lantai. Dengan aroma daun serai yang menempel pada lantai, membuat nyamuk enggan menghampiri ke dalam rumah.

# Bawang Putih

Selain daun serai, obat cairan alami yang disemprotkan untuk mengusir nyamuk bisa juga menggunakan bawang putih sebagai bahan olahannya. Caranya, rebus dulu bawang putih dengan dicampur air. Setelah mendidih dan bau bawang putih sudah menempel pada air, kemudian airnya masukan ke dalam botol.

Namun, sebelum digunakan, dinginkan dulu airnya. Setelah dipastikan dingin, lalu semprotkan ke seluruh ruangan rumah. Tetapi, sebelum memilih bawang putih sebagai bahan olahannya, pastikan dulu tidak ada anggota keluarga di rumah Anda yang sensitif terhadap bau bawang putih.

# Bunga-bungaan

Cara ini terbilang paling mudah dari cara lainnya. Artinya, Anda tidak perlu mengolah bahan untuk mendapatkan obat alami pengusir nyamuk. Cukup cari tanaman bunga yang ditakuti oleh nyamuk. Tanaman itu seperti bunga geranium, rosemary, lavender dan krisan. Bahkan, tanaman-tanaman itu pun digunakan sebagai bahan olahan obat nyamuk kimia.

Agar lebih praktis, Anda tak perlu lagi membeli obat nyamuk kimia. Cukup tanam jenis bunga itu dalam pot kecil dan kemudian simpan di kamar atau ruangan rumah. Dijamin nyamuk tidak akan masuk ke rumah maupun kamar Anda. Karena aroma tanaman bunga tersebut sangat tidak disukai oleh nyamuk.

# Kamper

Kamper atau kapur barus ternyata tak hanya sebagai penangkal kecoa atau serangga lainnya, tetapi juga ampuh untuk mengusir nyamuk. Kamper yang terbuat dari ekstrak pepohonan ini, aromanya tidak disukai oleh nyamuk. Malah dengan menggunakan kamper dapat menjadi obat pengusir nyamuk dengan waktu yang lebih lama.

Caranya, sebar kamper ke seluruh ruangan kamar atau sudut rumah. Setelah itu, tutup seluruh pintu dan jendala sekitar 20 menit atau menunggu aroma kamper menyebar ke seluruh ruangan. Setelah aroma kamper sudah kentara tercium pada hidung, dijamin Anda akan terbebas dari nyamuk. ***