Indonesia adalah negara tropis yang memiliki berbagai jenis tanaman obat yang bermanfaat. Karena adanya pandemic virus covid 19 ketersediaan hand sanitiser menjadi langka. Jika anda kesulitan membeli hand sanitiser, anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Kali ini kita akan kupas tuntas tentang cara membuat hand sanitizer dari sirih merah.

Karena panik akibat adanya pandemi Covid 19 banyak anggota masyarakat yang memborong hand sanitiser. Saat ini hand sanitizer sangat langka dan mahal;. Untuk mengatasi hal ini anda harus tahu cara membuat hand sanitizer dari sirih merah dan mempraktekannya. Hal ini penting agar kita tetap bisa mencuci tangan dan mencegah terjadinya penularan virus covid 19 dan kuman lainnya.

Cara menggunakan hand sanitizer

Sebelum kita tunjukan tutorial tentang cara membuat hand sanitizer sirih merah,  ada baiknya kita bahas tentang cara penggunaan hand sanitiser secara umum. Hal ini penting karena penggunaan hand sanitiser yang salah, membuat hand sanitiser tersebut tidak efektif bekerja. Cara penggunan hand sanitiser yang baik perlu mempertimban gkan beberapa hal di bawah ini:

  • Tuangkan hand sanitiser di tangan dalam jumlah yang cukup sehingga bisa membasahi seluruh permukaan tangan ketika nanti akan di gosok di tangan.
  • Gosok dan bersihkan tangan secara merata selama 20 menit sampai 30 menit.Jangan lupa untuk membersihkan di sela sela jari dan ujung jari/kuku.
  • Taruh semua ujung jari tangan kanan pada bagian tengan telapak tangan kiri lalu putar putar sampai ujung jari/kuku menjadi bersih. Lakukan hal yang sama terhadap ujung jari tangan kanan dan telapak tangan kiri.
  • Setelah membersihkan tangan dengan hand sanitiser tangan tidak perlu di bilas dengan air atau dikeringkan dengan benda apapun. Biarkan beberapa saat sampai hand sanitiser kering sendiri.
  • Sebelum menggunakan hand sanitizer pastikan tidak ada kotoran/bekas makanan yang menempel. Bila Anda kotoran yang kasat mata sebaiknya dibersihkan dengan detergen di bawah air yang mengalir.
  • Jangan menggunakan hand sanitiser pada kuli yang terbuka/luka.

Penggunaan hand sanitiser dianjurkan pada saat kita tidak bisa melakukan cuci tangan setiap saat. Misalnya sedang dalam perjalanan, sedang di kantor dan lain sebagainya. Bila anda sedang di rumah penggunan hand sanitiser sebaiknya dikurangi. Untuk di rumah cuci tangan dengan menggunakan sabun di bawah air kran yang mengalir lebih dianjurkan.

Mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir jauh lebih baik dan lebih efektif dibandingkan dengan membersihkan tangan dengan hand sanitizer. Penggunaan hand sanitiser juga harus di lakukan dengan hati hati karena sensitivitas kulit seseorang berbeda. Bila ada tanda tanda alergi, segera hentikan penggunaan hand sanitiser tersebut.

Cara pembuatan hand sanitiser sendiri

Cara mengatasi kelangkaan hand sanitiser paling mudah adalah dengan cara membuat hand sanitiser sendiri. Ada banyak resep yang bisa digunakan untuk membuat hand sanitiser. Resep apapun yang anda gunakan pastikan resep tersebut mengandung alkohol karena alkohol sangat efektif untuk membunuh kuman yang menempel di tangan.

Dalam kesempatan kali ini kita akan bahas tentang cara membuat hand sanitizer dari sirih merah. Ada banyak jenis bahan alami yang yang bisa digunakan untuk membuat hand sanitiser sendiri yang salah satunya adalah daun sirih merah. Hasil penelitian klinis membuktikan bahwa daun sirih merah mengandung semacam zat antibiotika yang bisa membunuh kuman.

Cara membuat hand sanitizer dari bahan alami sirih merah tidaklah sulit. Pembuatan hand sanitiser dari daun sisir adalah sbb:

  1. Ambil 50 gram daun sirih
  2. Cuci bersih lalu potong potong potong.

3.  Didihkan air lalu angkat

4.  Masukan potongan sirih ke dalam air mendidih, biarkan 15 menit.

5.  Taruh air bekas rendaman daun sirih tadi didalam panci lalu di steam/kukus.

6.  Berbeda dengan bahan alami lainnya, air hasil pengukusan sudah bisa digunakan sebagai hand sanitiser.

Cara membuat hand sanitiser di rumah bisa dilakukan oleh siapa saja dengan mudah. Jika anda memerlukan pembahasan yhang lebih detail, silahkan langsung klik di sini: https://www.cekaja.com/info/penting-ini-5-bahan-alami-yang-dapat-disulap-jadi-hand-sanitizer/.