Cara Memilih Web Hosting Terbaik dan Termurah. Memilih web hosting terbaik di era sekarang memang tidak mudah. Taktik khusus yang direncanakan dengan baik sangat diperlukan untuk menentukan hosting mana yang tepat digunakan.

Lalu bagaimana Anda memilih web hosting terbaik sekaligus Hosting murah di era “pencitraan” ini? Apakah masih ada hosting berkualitas yang benar-benar sangat berpengaruh? Lalu apa sebenarnya hosting itu? Apa hubungannya dengan situs web? Bagaimana Anda mendapatkan hosting domain murah gratis? Mari ikuti penelusuran kami di bawah ini.

Apa itu Hosting?

Hosting adalah media atau lokasi untuk menyimpan data secara tertulis, gambar atau video. Dikutip dari Wikipedia, web hosting adalah layanan bagi pengguna yang berguna untuk menyimpan informasi, gambar, video dan beberapa konten lain yang akan diakses melalui situs web. Agar lebih mudah, situs web ini diibaratkan sebuah bangunan.

Sebuah bangunan atau situs web akan didirikan di sebidang tanah yang telah diplot dengan ukuran tertentu. Nah, sebidang tanah bisa disebut Hosting. Sedangkan domain adalah alamat bangunan (situs web). Apa hubungan domain, hosting dan situs web? Domain akan memandu pengunjung untuk pergi ke sebidang tanah (hosting), yang telah mendirikan sebuah bangunan (situs web). Untuk lebih jelasnya, silakan baca Apa itu Domain, Hosting, Situs Web dan SSL.

Apa Kriteria Hosting Web Terbaik Sekaligus Murah?

Dikutip dari CNET, Adam Berry, Direktur Digital di Wingard Creative mengatakan bahwa hosting terbaik harus memenuhi 3 Syarat yaitu “Kecepatan, Dukungan, dan Keamanan”.

Kecepatan / Speed

Kecepatan berarti kecepatan server hosting dalam memproses situs web. Kecepatan situs web ini terkait erat dengan teknologi yang digunakan oleh server, jenis server (server Enterprise atau server biasa) media penyimpanan (menggunakan SSD atau tidak) dan sistem operasi yang digunakan (menggunakan Linux atau CloudLinux). Kecepatan hosting juga mempengaruhi kecepatan situs web, baik diakses dari browser web desktop atau seluler.

Google mengatakan di Google Mobile Site Speed ​​Playbook, bahwa pengunjung situs web hanya bertahan 22 detik dalam mengakses situs web melalui ponsel. Jika situs web Anda lambat dan waktu akses lebih dari 3 detik, ada kecenderungan bagi pengguna untuk menutupnya.

Dukungan / Support

Dukungan berarti bagaimana layanan dari Tim Dukungan menangani pelanggan. Responsif dan responnya cepat, apakah Tim Dukungan dapat menyelesaikan semua kendala yang dialami situs web, apakah Tim Dukungan online selama 24 jam, bagaimana fitur dan fasilitas diperoleh sebagai pelanggan, cara mengirim tiket, dan sebagainya.

Keamanan / Security

Hosting yang baik akan menyadari pentingnya keamanan. Untuk mengatasi masalah keamanan, ada beberapa hal yang perlu dilihat baik di infrastruktur server, situs web dan sisi klien. Oleh karena itu, biasanya web hosting terbaik akan memberikan beberapa keamanan lebih seperti CloudFlare, Perlindungan Keamanan, Antivirus, Antimalware, Filter Spam dan sebagainya.

Skalabilitas

Nasdaq Simon Ball, Kepala Bagian Media Digital Solusi Media Nasdaq, menambahkan satu hal yang juga penting adalah masalah Skalabilitas. Hosting harus memiliki kemampuan untuk menangani situs web dengan berbagai muatan. Misalnya, ketika situs web penuh sesak, jangan biarkan situs web mati.

Skalabilitas juga terkait erat dengan kapasitas hosting yang digunakan. Kapasitas hosting tentu mempengaruhi kinerja situs web juga. Jika kapasitas hosting habis, situs web juga akan lambat dan tiba-tiba penurunan dapat terjadi.

Itulah cara untuk memilih jenis hosting terbaik sekaligus hosting murah untuk anda. Semoga dapat memberi wawasan tambahan untuk anda dalam memilih penyedia hosting