Cara Mengatasi Rambut Mengembang
Cara Mengatasi Rambut Mengembang

Rambut mengembang memang mengganggu penampilan. Jika kamu bertanya-tanya apakah yang menyebabkan rambut mengembang? Ketika rambut rusak, kering, atau dirawat secara kimia, lapisan luar helai rambut (kutikula) akan kering, patah, atau bercabang, dan menyebabkan rambut mengembang. Namun jangan khawatir, beberapa Cara Mengatasi Rambut Mengembang ini dapat kamu lakukan.

Cara Mengatasi Rambut Mengembang
Cara Mengatasi Rambut Mengembang

1.Hanya gunakan shampo yang lembut

Cari sampo yang bebas sulfat. Shampoo dengan strip sulfat dapat mengeringkan helai rambut, yang merupakan kebalikan dari yang kamu inginkan saat ingin menjaga kelembaban rambut. CLEAR Complete Soft Care Shampoo adalah pilihan favorit yang dapat membuat rambut tampak lebih lembut dan indah. Tidak hanya membantu memerangi rambut kusut dan mengembang, CLEAR juga dapat menghilangkan ketombe dan membuat rambut bebas minyak.

2. Jangan melewatkan conditioner

Kamu mungkin berpikir, Cara Mengatasi Rambut Mengembang dapat diatasi hanya dengan keramas beberapa kali seminggu dengan shampoo, tetapi sebenarnya tidak. Terutama jika kamu memiliki rambut kasar atau keriting. Shampoo saja tidak cukup. Setiap dua hari, cuci rambut dengan shampoo dan kondisioner.

Sebagian besar orang sering bertanya apakah mereka membutuhkan kondisioner? dan jawabannya benar-benar “iya”. Conditioner adalah senjata nomor satu dalam memerangi rambut kusut dan mengembang, kondisioner memiliki formula yang dapat menghaluskan rambut. Gunakan kondisioner dari pertengahan sampai ujung rambut, jauhkan dari akar rambut, dan tunggu setidaknya lima menit sebelum membilasnya. 

3. Gunakan masker rambut setiap minggu

Melakukan perawatan deep-conditioning setidaknya sekali seminggu akan membantu mengisi celah di batang rambut (celah dan ruang berkontribusi pada rambut rusak). Masker rambut menjaga rambut terasa lembut dan lembab. Untuk hidrasi yang lebih dalam, gunakan masker pada rambut kering dan biarkan selama setidaknya 30 menit sebelum membilasnya.

4. Essential oil untuk rambut

Saat rambut masih basah, gunakan beberapa tetes minyak rambut untuk mengunci kelembaban, dari bagian tengah hingga ujung. Essential oil untuk rambut bertindak sebagai penghalang, menjaga kelembaban dan membuatnya flyaway. 

5. Pilih alat yang tepat

Kamu mungkin berpikir bahwa catok rambut adalah pilihan paling tepat sebagai Cara Mengatasi Rambut Mengembang. Tetapi catok sebenarnya menyebabkan lebih banyak kerusakan pada rambut. Pilih catok rambut yang memiliki teknologi pengkondisian ion negatif yang menyegel kutikula rambut agar tetap halus.

Kamu juga perlu menggunakan hair protectant sebagai pelindung panas sebelum menggunakan catok. Hair protectant dapat mencegah rambut kusut, dan dapat menghaluskan rambut yang kering karena alat styling.