dinamo starter mobil
dinamo starter mobil

Entah jenis mobil Anda matik atau manual, tentu sangat menjengkelkan jika tiba-tiba tidak bisa distarter bukan? Meskipun untuk mobil dengan transmisi manual masih bisa didorong untuk sekedar menyalakan mesin, tapi hal ini tidak bisa dibiarkan.

Mungkin saja ini disebabkan oleh aki yang drop. Tapi bisa jadi ada komponen lain dalam mobil yang sedang bermasalah, seperti dynamo. Lalu bagaimana cara mengetahui dinamo starter mobil sedang mengalami masalah?

dinamo starter mobil
dinamo starter mobil

Berikut ini ciri-ciri dan penyebabnya.
Saat distarter terdengar bunyi gemeretak. Suara ini dihasilkan oleh gear pinion yang tidak terkait dengan gear mesin.
Munculnya bunyi mendesing. Suara ini dihasilkan karena bearing one way dalam gear pinion rusak.

Saat mobil dingin mudah disatarter, Namun dalam keadaan panas, mobil sulit distarter. Hal ini disebabkan karena resistensi kumparan pada dynamo starter semakin besar.
Mobil tidak bisa distracter sama sekali. Keadaan ini memang bukan hanya disebabkan oleh dinamo starter mobil saja. Tapi bisa menjadi salah satu indikasi adanya masalah. Apabila terjadi keadaan seperti ini, karbon dalam dinamo sudah habis serta gulungan tembaganya sudah hangus.

Karena komponen ini merupakan alat yang vital bagi mobil. Apabila mobil mengalami geja-gejala tersebut sebaiknya segera melakukan pengecekan di rumah atau memanggil teknisi dari montir.id. Anda cukup memanggil montir ke rumah jika tidak sempat membawanya ke bengkel. Teknisi berpengalaman dan ahli akan segera melakukan pengecekan untuk mencegah kerusakan agar tidak menjadi lebih parah.

Selain itu, sebelum terjadi masalah kerusakan dinamo starter pada mobil, ada baiknya Anda melakukan pencegahan. Silakan mengikuti beberapa tips berikut ini agar dinamo starter lebih awet.

Jangan memaksakan starter saat mesin mobil susah untuk dinyalakan dengan memencet starter terlalu cepat.

Ketika menghidupkan mobil dan menekan starter, setidaknya beri jeda sekitar sepuluh detik. Hal ini dilakukan agar dinamo tika panas karena berputar terus menerus.
Usahakan untuk selalu melakukan pengecekan terhadap tegangan aki serta jangan biarkan aki lemah.

Pengecekan karbon brush hendaknya dilakukan secara rutin agar tidak cepat habis.Demikianlah pembahasan mengenai dinamo starter mobil. Perawatan rutin pada mobil akan meminimalisir terjadinya kerusakan terutama pada komponen tersebut.

Anda bisa menghubungi montir.id untuk melakukan perawatan rutin melalui web https://montir.id. Selain bisa melakukan servis dan perawatan di bengkel yang ditunjuk, para teknisi siap dipanggil untuk datang ke rumah. Semoga bermanfaat.