Model Cincin Berlian
Model Cincin Berlian

Tidak ada yang tidak terpikat dengan keindahan model cincin berlian asli. Perhiasan ini mampu menegaskan kesan anggun dan elegan pada penampilan Anda. Meskipun bentuknya kecil, berlian mampu memancarkan kilau yang luar biasa. Sehingga, setiap mata akan tertuju kepada Anda. Tapi, semua itu hanya akan terjadi bila Anda menggunakan berlian asli. Sedangkan berlian palsu atau imitasi kilaunya tidak sempurna.

Lalu, bagaimana cara kita mengetahui mana yang asli dengan yang palsu? Sebenarnya sangat mudah. Orang awam pun bisa melakukannya dengan tips berikut:

1. Menggunakan Pendeteksi Keaslian

Anda bisa mendeteksi keasliannya menggunakan sebuah alat. Jika Anda tidak memilikinya, biasanya disediakan oleh penjual berlian. Anda tinggal meminta saja si penjual untuk mengecek keasliannya menggunakan alat tersebut.

Hasil gambar untuk Model Cincin Berlian mondial

Namun jangan sampai Anda terkecoh. Beberapa penjual nakal biasanya meletakkan berlian asli di atas. Sementara bagian bawahnya palsu. Pastikan Anda cek secara menyeluruh.

2. Tes Dengan Panas

Berlian imitasi yang terbuat dari plastik akan mudah rusak jika terkena panas. Begitu juga dengan yang terbuat dari kaca. Namun tidak demikian halnya dengan berlian asli. Meski dipanaskan dalam waktu lama, berlian asli tidak akan rusak maupun cacat. Karena, berlian adalah batu paling kuat di muka bumi.

3. Tes Embun

Tes ini adalah cara paling mudah. Anda hanya perlu mengembuni berlian. Jika embun pada berlian bertahan lama, maka dapat dipastikan palsu. Karena, berlian asli akan menetralkan embun pada permukaan dengan panasnya. Embun pada berlian asli akan hilang seketika.

4. Tes Dengan Air

Ambillah segelas air lalu masukan berlian ke dalamnya. Jika berlian tersebut palsu, maka akan mengambang atau melayang di tengah gelas. Namun jika asli, berlian akan tenggelam. Hal tersebut terjadi karena berlian memiliki kepadatan yang baik.

Itulah beberapa cara mudah dalam mengecek keaslian model cincin berlian. Cara di atas bisa dilakukan oleh siapa saja. Anda tidak memerlukan keahlian khusus untuk mengetahuinya. Ada cara lain yang juga tak kalah mudah, yaitu meminta bukti sertifikat keaslian berlian. Dengan begitu, kualitas dan keasliannya benar-benar terjamin.