Ruang tamu merupakan tempat yang paling sering digunakan untuk keluarga berkumpul. Dan, ada juga beberapa keluarga tertentu yang memilih untuk menempatkan televisinya di ruang tamu atau ruang keluarga dengan tujuan agar keluarga dapat berkumpul dalam satu ruangan. Maka dari itu, ruang seperti ini harus memiliki dekorasi yang baik sehingga anggota keluarga pun nyaman menempatinya. Berikut ini desain ruang tamu modern dan ruang keluarga yang bisa kamu jadikan sebagai referensi untuk rumah baru kamu nanti.

  1. Menambahkan taman vertikal di belakang ruang tamu

Yang pertama, kamu bisa mendekorasi ruang tamu pada rumah mu dengan menambahkan taman yang bisa menambahkan kesan nyaman dan asri dalam rumah. Selain itu, untuk akses keluar masuk pada ruang tamu atau pintu, bisa kamu pertimbangkan terlebih dahulu. Kamu bisa memilih mulai dari material, motif, desain hingga warna pintu pada ruang tamu.

Misalnya, kamu bisa menempatkan pintu geser yang sekaligus berfungsi sebagai jendela sehingga sirkulasi udara dan cahaya dapat berjalan dengan lancar dalam ruangan dan ditambah lagi dengan adanya taman yang bisa menambahkan kesan ruang tamu yang asri dan juga desain ruang tamu modern pada rumahmu.

Desain ruang tamu modern dengan menambahkan taman vertikal bisa kamu aplikasikan dengan beberapa cara seperti menggunakan pot gantung yang diletakkan dengan tali, menjajarkan pot pada dinding, dan menanam tanaman rambat. Kamu bisa menjajarkan pot tanaman pada dinding dengan menyusun pot-pot tersebut secara zig-zag.

  1. Desain ruang keluarga tanpa sofa

Selanjutnya yaitu desain ruang keluarga. Kamu bisa mendekorasi ruang keluarga sedemikian rupa, tapi kamu menghapus sofa dari daftar belanja perlengkapan furnitur rumah. Terkadang sofa dalam sebuah ruang keluarga dianggap hanya membuat ruangan terkesan sempit. Maka dari itu, untuk memberikan kesan playful pada ruang keluarga kamu bisa meletakkan sebuah karpet permadani dengan warna natural sebagai pengganti sofa. Namun, jangan lupa juga menambahkan bag bean untuk tempat duduknya.

  1. Desain ruang keluarga atau ruang tamu dengan karpet sebagai aksesori

Dekorasi selanjutnya kamu bisa mendekorasi ruang favorit tempat berkumpulnya anggota keluarga dengan menambahkan karpet lantai. Dengan kamu menambahkan karpet pada lantai ruangan, maka ruangan tersebut akan memiliki kesan nyaman dan hangat bagi para anggota keluarga. Dan, tidak heran apabila orang-orang yang berkunjung ke rumah pun akan merasa nyaman dan damai berada di rumahmu.

Selain itu, kamu juga harus memperhatikan berbagai macam karpet yang ingin kamu letakkan pada ruang tersebut. Kamu harus menyesuaikan dengan kegunaan karpet tersebut. Karpet yang bisa dipilih mulai dari bahan seperti karpet dari bahan wol, karpet berbahan katun, polypropylene, nilon, serat alam, maupun sutra.

  1. Desain ruangan dengan menambahkan pintu kaca geser

Dalam mendekorasi suatu ruangan, kamu bisa mengoptimalkan tampilan tropis pada tempat tinggal kamu dengan mendesainnya seperti ruang semi terbuka. Kamu dapat menggunakan pintu geser dengan kaca yang lebar sehingga dapat memberikan kesan ruangan yang luas dalam rumah baru kamu nanti. Selain itu, menggunakan pintu seperti ini juga bermanfaat seperti masuknya cahaya matahari tanpa harus menghilangkan udara dingin dalam ruangan yang memiliki pendingin udara.

Sebagai dekorasi ruangan dengan tema tropis, jangan sampai lupa juga untuk menambahkan tanaman khas tropis sehingga ruang tersebut memiliki daya tarik pada desain interior.