Kuliah Animasi
Kuliah Animasi

Animasi merupakan salah satu jurusan yang ada di desain komunikasi visual. Meskipun masih tergolong baru namun jurusan animasi sudah sangat diminati oleh generasi masa kini. Hal tersebut tidak lain karena teknologi informasi yang semakin berkembang serta industri animasi yang mulai menjanjikan. Jika memiliki passion dalam menggambar dan hobi dengan animasi, maka Anda sebaiknya mempertimbangkan untuk mengambil kuliah animasi.

Dalam mempertimbangkan pilihan jurusan kuliah ini, Anda harus mengetahui seluk beluk jurusan animasi, termasuk fakta-faktanya. Jangan sampai Anda merasa salah jurusan karena ekspektasi yang berbeda dengan kenyataan di dunia perkuliahan. Langsung saja, berikut ini beberapa fakta mengenai jurusan animasi yang perlu Anda ketahui:

Masih Ada Mata Kuliah Hitung-hitungan

Banyak orang beranggapan bahwa kuliah jurusan desain komunikasi visual maupun animasi tidak akan menemukan mata kuliah Matematika. Ya, hal tersebut memang benar karena di jurusan ini Anda tidak akan menemukan mata kuliah Matematika.

Meskipun begitu, bukan berarti Anda akan terbebas dengan hitung-hitungan. Hampir semua jurusan Saintek pasti akan bertemu dengan hitung-hitungan, termasuk animasi. Hitung-hitungan yang ada di jurusan ini contohnya yaitu menghitung skala atau proporsi agar gambar terlihat profesional dan nyata.

Kuliah Animasi
Kuliah Animasi

Tidak Menggambar Pada Media Kertas

Saat pertama kali muncul, animasi memang digambar pada kertas. Namun seiring perkembangan zaman dan teknologi, hal tersebut ditinggalkan dan digantikan dengan yang lebih canggih.

Pembuatan animasi saat ini 100% menggunakan teknologi berupa komputer atau perangkat pendukung lainnya. Anda akan langsung menggambar pada media yang ada, bukan pada kertas lagi. Oleh sebab itu, Anda yang senang menggambar di kertas harus mulai terbiasa menggambar dengan komputer. 

Menggunakan Gaya Disney, Bukan Anime Jepang

Salah satu alasan mengapa banyak orang berminat kuliah animasi yaitu lantaran mereka menggemari animasi, terutama animasi Jepang atau yang lebih dikenal dengan istilah anime. Namun di perkuliahan, Anda tidak akan menggunakan gaya anime dalam membuat animasi.

Indonesia mengadopsi gaya Disney dalam proses pembelajaran. Tapi jika ingin berkreasi, Anda bisa menggabungkan antara gaya anime Jepang dengan gaya Disney yang biasanya diajarkan pada perkuliahan.

Mata Kuliah yang Diajarkan

Dalam perkuliahan, Anda tidak hanya akan menggambar animasi saja. Ada banyak hal yang dipelajari agar animasi bisa sempurna. Beberapa hal yang akan dipelajari pada jurusan ini yaitu computer graphic, video production, design fundamental, modelling studio, game history, screen writing, classical animation, photography, 3D modelling, dan sculpting.

Anda tidak hanya akan belajar mengenai animasi untuk film namun juga animasi untuk iklan, ilmu pengetahun, media bantu, media belajar, dan lain sebagainya. Jadi ruang lingkup lebih luas dibandingkan hanya animasi film atau game.

Prospek Karir yang Bisa Dimasuki

Banyaknya keahlian yang diajarkan membuat lulusan animasi memiliki prospek karir yang banyak. Beberapa di antaranya yaitu animator, desainer visual efek, desainer game, ilustrator, dan masih banyak yang lainnya.

Itulah beberapa fakta mengenai kuliah animasi yang perlu Anda ketahui sebelum memilihnya. Jika sudah yakin ingin masuk jurusan animasi, Anda bisa memilih institusi pendidikan berkualitas International Design School. Institusi pendidikan ini menghadirkan kelas yang beragam untuk Anda yang ingin belajar animasi secara profesional.

Tim pengajar yang sangat kompeten di bidangnya membuat Anda bisa mendapatkan ilmu yang berguna. Tidak hanya teori saja, ada banyak praktek yang diberikan agar mahasiswa mendapatkan bekal yang cukup untuk menghadapi dunia kerja. Jangan ragu lagi untuk memilih IDS.