Universitas Jurusan DKV
Universitas Jurusan DKV

Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi menjadi salah satu impian semua siswa yang sudah menamatkan pendidikannya di jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA). Mereka para siswa pastinya sudah memilih universitas dan jurusan yang menjadi favorit semua orang. Jurusan yang akan mereka ambil juga akan disamakan dengan kegemaran atau hobi kesukaan yang sering mereka lakoni.  

Seperti halnya jika mereka senang terhadap seni, misalnya menggambar melalui media digital atau menggambar secara langsung. Maka, mereka dapat memilih Universitas Jurusan DKV (Desain Komunikasi Visual). Mengingat saat ini jurusan DKV menjadi booming dan banyak dari mereka para siswa yang sudah lulus memilih jurusan yang ini.

Jurusan DKV memang banyak diminati seiring munculnya minat masyarakat terhadap desain komunikasi, sehingga memajukan industri komunikasi visual.  Maka, tidak heran apabila banyak universitas atau institusi negeri atau pun swasta yang telah banyak membuka jurusan DKV dan menambahkan nya dalam bagian dari program perkuliahan.

Mereka masyarakat yang memilih Universitas Jurusan DKV tentunya belum banyak memahami mengenai seluk beluk dari Desain Komunikasi Visual. Salah satu institusi yang juga telah membuka jurusan DKV yakni International Design School (IDS) yang letaknya ada di Jakarta. Institusi ini dapat menjadi jembatan bagi anda yang ingin melanjutkan ke Universitas yang ada di luar negeri yaitu Australia.

Namun, sebelum itu ada beberapa hal mendasar yang perlu anda pahami mengenai jurusan DKV, yakni:

1. Komunikasi grafis

Bagi seorang mahasiswa yang sudah benar-benar memilih jurusan DKV, maka harus pandai membuat desain majalah, mendesain surat kabar, logo, paket promosi sebuah produk, dan desain kemasan, serta masih banyak hal lainnya.

2. Komunikasi multimedia

Multimedia disini mengarah pada media berbasis suara (audio) dan waktu. Selain itu juga animasi, desain web, sampai dengan penyutradaraan film.

3. Komunikasi visual periklanan

Bagi desainer iklan sudah tentu dituntut untuk dapat bermain visual, agar dapat menarik dalam tujuan persuasi. Kemampuan komunikasi, tipografi, fotografi, dan ilustrasi menjadi hal yang wajib untuk dapat dikuasai.

Ketiga poin tersebut di atas merupakan hal yang wajib untuk dipelajari dan yang harus dikuasai jika anda ingin melanjutkan ke Universitas Jurusan DKV. Dimanapun anda melanjutkan nya, termasuk di institusi International Design School (IDS). Semoga bermanfaat.