Ganti Aki
Ganti Aki

Aki adalah bagian yang penting dan merupakan sumber energi utama untuk menggerakkan perangkat pada kendaraan. Tentu saja jika aki bermasalah, maka fungsi kendaraan tidak bisa berjalan sebagi mana mestinya. Pengecekan kondisi aki harus rutin dilakukan, untuk menghindari kerusakan yang lebih fatal. Jika diperlukan, bisa saja harus ganti aki agar kendaraan dapat bekerja kembali secara normal.

Ganti Aki
                                             Ganti Aki

Ada baiknya Anda melakukan pengecekan sendiri di rumah sebelum melakukan perjalanan. Namun jika tidak punya waktu untuk perawatan rutin dan ganti aki, Anda bisa menghubungi Montir.id. Teknisi teknisi profesional akan datang ke rumah untuk melakukan perawatan rutin dan perbaikan kendaraan kapan saja sesuai dengan perjanjian.

Berikut ini adalah cara pengecekan kondisi aki di rumah.

  • Cek melalui klakson

Ketika mobil dalam posisi on (lampu indicator menyala) tekan klakson. Apabila suaranya terdengar jelas dan kencang, maka aki mobil Anda tidak ada masalah. Namun jika terdengar pelan atau bahkan tidak terdengar suara sama sekali, maka aki mobil Anda lemah.

  • Cek panel instrument di dashboard mobil

Cara ini cukup mudah, Anda cukup memperhatikan lampu-lampu pada panel indicator di dashboard mobil. Apabila saat menstarter mobil semua lampu menyala terang, maka aki mobil dalam kondisi baik. Namun jika lampu tampak meredup atau bekedip seperti kekurangan daya listrik, atau bahkan mati, maka aki mobil bermasalah.

  • Cek pada saat Starter awal

Putar kunci starter untuk menyalakan mesin mobil Anda. Jika langsung menyala tanpa jeda, berarti aki masih dalam kondisi baik. Namun jika saat memutar kunci starter mesin mobil tidak langsung menyala serta terdengar suara gagal menyala (ceklak-ceklak), maka kemungkinan ada masalah pada aki mobil Anda.

Apabila tiga gejala tersebut terjadi mobil Anda, maka sebaiknya periksa kondisi aki. Pastikan semua kabel di bagian terminal terpasang dengan benar. Jika ada yang kendor perlu dieratkan. Apabila kotor bisa di bersihkan dengan sikat atau diamplas agar kotorannya lepas. Untuk aki basah, periksa juga volume air aki, tambahkan cairan aki apabila telah melewati batas standar.

Apabila perawatan ringan tersebut masih belum berhasil terjadi gagal starter berulang, kemungkinan besar Anda perlu segera membuat janji servis mobil ke montir.id. Aki yang lemah atau mati harus segera diganti dengan yang baru, karena aki lemah akan menyebabkan kerusakan pada dynamo starter. Perbaikan kerusakan pada dynamo starter akan memakan biaya yang lebih banyak dibandingkan dengan ganti aki.