Reksadana Online
Reksadana Online

Perlu diketahui secara agregat, market share industri keuangan reksadana syariah di Indonesia baru mencapai 8,47% dari total keseluruhan aset di industri jasa keuangan. Masih banyak ruang untuk pertumbuhan, menjabarkan komposisi aset di industri pasar modal syariah. Disebutkan bahwa hingga 16 Agustus 2018, aset di pasar modal syariah masih didominasi oleh saham syariah Rp 3.432 triliun, disusul oleh suku negara Rp 627 triliun.  Dalam kategori aset yang lain, aset di Reksadana Online syariah masih sejumlah Rp 32 triliun dan di sukuk korporasi sejumlah Rp 17 triliun.

Untuk mengembangkan pasar modal syariah, terutama Reksadana Online syariah, OJK berharap agar para pelaku di industri ini dapat gencar melakukan edukasi ke masyarakat luas, memanfaatkan fintech untuk memberikan kemudahan akses bagi masyarakat ke produk-produk pasar modal syariah, dan menyediakan variasi produk investasi sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia dan terjangkau, ungkapnya. MANULIFE INDONESIA juga membuat modul edukasi finansial syariah dan menjalin kerja sama dengan MES serta NU Online untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat akan reksadana secara online syariah.  Tahun lalu MANULIFE INDONESIA mengadakan lebih dari 2.800 aktivitas edukasi finansial.

Reksadana Online

Di tahun ini, kami juga terus melakukan beragam aktivitas edukasi finansial, termasuk melalui komik Si Juki vs Dompet Kosong.  Bersama MES, MANULIFE INDONESIA mengadakan kegiatan edukasi dan inklusi reksadana secara online syariah di Bekasi, Solo, dan Gorontalo.  Kami juga telah memiliki klik MANULIFE INDONESIA.com, portal transaksi reksadana secara online untuk memudahkan masyarakat berinvestasi di reksadana secara online dari manapun dan kapanpun, jelasnya. Aset keuangan syariah di Indonesia masih relatif kecil, yaitu USD 81,8 miliar di tahun 2019. Pertumbuhan Reksadana Online, sangat menggembirakan.  Industri keuangan syariah di Indonesia mengalami pertumbuhan yang paling pesat di dunia.

Dalam setahun, dari tahun 2018 hingga 2019, pertumbuhannya mencapai 72%. Didukung oleh jumlah penduduk muslim yang terbesar di dunia, sistem keuangan syariah yang terlengkap, dan landscape ekonomi syariah serta filantropi syariah yang memadai, Indonesia berpeluang menjadi pusat keuangan syariah di dunia.