tiket kereta bisa di booking 30 hari sebelum
tiket kereta bisa di booking 30 hari sebelum

Perjalanan terasa lebih berkesan bila menggunakan kereta api. Proses booking tiket kereta yang lebih mudah secara online dan bisa dipesan jauh-jauh hari kian membuat moda transportasi ini jadi idola baik di kalangan mahasiswa maupun masyarakat umum.

Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Booking Tiket Kereta

Kereta api masih menjadi andalan transportasi bagi masyarakat Indonesia. Moda transportasi ini merupakan yang paling ideal bila Anda ingin melakukan perjalanan jarak jauh tanpa terganggu macet. Belum lagi tiket kereta bisa di booking 30 hari sebelum tanggal keberangkatan sehingga cocok bagi calon penumpang yang merencanakan perjalanan mudik, pekerjaan maupun liburan. Walaupun kini Anda bisa memesannya secara online melalui aplikasi maupun website resmi platform penyedia tiket kereta, terkadang calon penumpang mengabaikan beberapa hal berikut ini.

  • Reservasi tiket lebih awal

Masih banyak calon penumpang yang menunda pemesanan tiket kereta api karena menganggap tiket yang tersedia masih banyak atau malah belum tersedia. Akhirnya, tak sedikit pula yang memesan tiket ketika mendekati tanggal keberangkatan. Ujung-ujungnya mereka pun kehabisan tiket atau harus membayar tiket kelas eksekutif yang lebih mahal bila tak ingin mengubah jadwal keberangkatan.

Calon penumpang kereta api sebenarnya sudah bisa memesan tiket kereta sejak 30 hari hingga 90 hari sebelum tanggal keberangkatan. Artinya, Anda bisa memesan tiket rute perjalanan yang diinginkan sekitar 3 bulan sebelum berangkat. Pemesanan tiket ini bisa dilakukan secara offline maupun online sehingga kejadian kehabisan tiket sebenarnya bisa dihindari. Semakin cepat Anda memesan tiket, semakin besar peluang mendapatkan tiket termurah dengan posisi tempat duduk ternyaman.

  • Memanfaatkan promo tiket

Selain membeli tiket kereta api di situs resmi PT. KAI (Persero), Anda juga bisa membelinya di Traveloka. Dengan begitu kesempatan untuk mendapatkan tiket yang diinginkan jauh lebih besar karena Anda bisa membeli tiketnya melalui aplikasi di smartphone maupun website resmi Traveloka. Uniknya, Anda berkesempatan mendapatkan harga promo selain berbagai kemudahan yang ditawarkan pemesanan tiket online. 

Promo tiket kereta api biasanya berbentuk seperti penawaran cashback, reward point atau beli 2 gratis 1 dan lainnya. Biasanya calon penumpang malas mencari tahu perihal promo harga tiket karena langsung memesan tiket kereta api. Padahal, jika Anda meluangkan waktu sebentar saja untuk mengecek promo yang sedang berlaku, bisa-bisa untung besar karena mendapatkan harga tiket lebih murah.  

  • Mengecek fitur yang disediakan platform penjualan tiket kereta

Selain melewatkan berbagai promo, calon penumpang juga sering melewatkan fitur-fitur canggih yang disediakan platform penjualan tiket kereta. Padahal banyak fitur yang disediakan platform penjual tiket kereta demi kemudahan dan kenyamanan penumpang. Salah satu contohnya seperti fitur Passenger Quick Pick yang memudahkan pemesanan tiket dan fitur Saldo Uangku yang memudahkan calon penumpang mengisi saldo dompet online dan mempercepat transaksi pembelian tiket kereta api. 

Pembayaran tiket kereta api juga bisa dilakukan memakai kartu kredit. Pastikan Anda mengecek fitur ini di platform penjualan tiket demi kemudahan pembayaran tanpa harus mengunjungi loket di stasiun. Bila Anda memiliki akun dompet online biasanya lebih mudah dan cepat karena bisa langsung terhubung dengan platform penjualan tiket kereta. Anda bisa mengisi dompet online ini dengan saldo maksimal Rp. 1 jutaan. Jadi, bisa dipakai untuk transaksi pembeli tiket kereta pulang-pergi.

  • Aktifkan notifikasi

Beberapa penumpang sering tak kebagian tiket kereta terutama menjelang musim mudik Lebaran. Traveloka menyediakan fitur Train Seat Alert sehingga Anda bisa mendapatkan informasi terbaru mengenai ketersediaan tiket kereta dan kapan bisa mulai dipesan. Manfaatkan fitur ini untuk mendapatkan kursi terbaik di jadwal keberangkatan yang Anda inginkan.

  • Cek alternatif kereta lanjutan

Perjalanan kereta api tak selalu harus berpatokan pada rute tertentu. Bila Anda tak mendapatkan kursi di kereta yang diinginkan, cari kereta lainnya yang melalui rute alternatif. Jadi, meskipun kehabisan tiket di kereta jalur utama, Anda masih bisa mencapai tujuan dengan kereta lanjutan meski durasi perjalanan lebih panjang. Kereta lanjutan ini bisa dipesan melalui booking online jauh-jauh hari sebelum jadwal keberangkatan. Jadi, tak ada alasan lagi Anda gagal menaiki kereta karena banyak cara bisa dilakukan untuk sampai ke tujuan baik dengan memesan lebih awal maupun menggunakan kereta lanjutan.