Setiap orang pasti pernah mengalami alergi, baik itu disebabkan oleh udara yang dingin, makanan, minuman atau hal-hal lainnya. Alergi biasanya ditandai dengan gejala yang berbeda bagi setiap orang, bisa berupa kulit gatal atau ruam, batuk, pilek, hingga sesak napas. Bagi sebagian orang, alergi disebabkan oleh penyakit tertentu atau dari faktor genetik.Bagaimanapun bentuknya, alergi tidak boleh sampai disepelekan karena bisa semakin parah hingga menyebabkan kematian. Berikut adalah ulasan singkat seputar alergi yang dilansir dari SehatQ.

Apa Saja Jenis Alergi?

Alergi memang memiliki jenis dan keluhan yang berbeda. Ada alergi yang disebabkan oleh gigitan serangga, alergi pada obat-obatan tertentu, hay fever atau alergi terhadap cuaca, alergi makanan, serta alergi yang berupa ruam kemerahan pada kulit.

Jika alergi sudah menimbulkan gejala yang berat seperti sesak napas, pusing, pingsan, serta kerongkongan menyempit, hal ini tidak boleh diabaikan dan penderita harus segera mendapatkan pertolongan dari pihak medis.

Apa Saja Penyebab Alergi?

Alergi bisa dikatakan sebagai munculnya alergen (pemicu alergi) yang dihadang oleh sistem imun di dalam tubuh. Menurut para pakar, ada beberapa hal yang memicu seseorang memiliki alergi, yaitu faktor keturunan atau genetik, serta pertanda bahwa seseorang menderita penyakit tertentu.

Perhatikan baik-baik apakah ada aggota keluarga yang memiliki alergi, sebab itu bisa menjadi pemicu Anda juga mempunyai alergi. Kendati demikian, jenis alergi biasanya akan berbeda dengan aggota keluarga.

Selain itu, beberapa penyakit seperti eksim, biduran, serta asma juga bisa menyebabkan penderitanya sangat rentan mengalami alergi. Beberapa pemicu alergi pada penderita ini bisa disebabkan oleh tungau, serbuk sari, obat-obatan seperti antibiotik penisilin, bahan-bahan tertentu seperti lateks, kacang-kacangan, susu, telur, ikan, kedelai, atau makanan lainnya.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengobati alergi, misalnya dengan pemberian obat-obatan seperti kortikosteroid, antishitamin, serta dekongestan. Obat-obatan tersebut bisa Anda konsumsi dengan menggunakan resep dari dokter maupun mendapatkannya dengan bebas.

Selain itu, jika reaksi alergi sudah parah hingga mengalami anafilaksis, Anda mungkin akan ditangani dengan suntikan epinefrin supaya alergi yang Anda alami tidak berlanjut sampai menimbulkan hal fatal.

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi alergi adalah dengan mengikuti terapi imunoterapi. Terapi ini juga diberikan melalui suntikan yang bertujuan agar penderita dapat mencegah atau mengurangi risiko terjadinya alergi di masa mendatang.

Jika Anda memang memiliki alergi tertentu, lebih baik selalu menyediakan obat di rumah ataupun membawanya ketika bepergian. Dengan begitu, jika tiba-tiba Anda mengalami alergi di rumah atau di tempat umum, Anda langsung bisa menanganinya dengan obat supaya tak berujung anafilaksis.

Daripada mengira-ngira jenis alergi sendiri, alangkah lebih baik jika Anda berkonsultasi langsung kepada dokter. Anda mungkin akan membutuhkan catatan lengkap mengenai gejala yang Anda derita, atau hal-hal yang ingin Anda tanyakan kepada dokter. Jangan khawatir jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk berkonsultasi dengan dokter secara langsung, karena Anda bisa bertanya dengan dokter-dokter terbaik melalui situs SehatQ.com. Para dokter yang mengawasi selalu siap memberikan solusi bagi setiap keluhan yang Anda derita. Adri a direktori penyakit juga yang menyediakan sejumlah artikel lengkap mengenai berbagai penyakit tertentu. Bahkan, Anda bisa langsung membeli obat-obatan maupun alat kesehatan lainnya di Toko SehatQ.