Apakah Anda mengetahuui apa saja tipe aki motor berkualitas? Tentunya menjadi penting bagi anda untuk mengetahui berbagai jenis aki motor yang ada. Dimana hal ini akan membuat anda mampu menentukan jenis aki yang memang mumpuni dan menunjang perfoma motor anda. Sehingga motor anda bisa bekerja dengan optimal akan tetapi tidak melupakan kualitas dari aki yang mampu menjaga kualitas sepeda motor anda.

Setiap kendaraan bermotor memiliki spesifikasi yang berbeda dan unik. Sehingga hal ini membuat kebutuhan aki pada setiap motor juga menjadi berbeda-beda. Maka dalam menentukan aki motor berkualitas untuk sepeda motor anda juga menjadi berbeda pula. Anda harus memperhatikan dengan baik apa saja yang sebaiknya anda penuhi sebelum memilih aki yang akan anda gunakan. Selain itu anda juga harus mengetahui pula tipe aki motor yang ada. Apa sajakah itu? Beberapa diantaranya ialah sebagai berikut ini:

  • Aki Basah

Aki basah ini merupakan aki yang begitu banyak ditemukan disekitar masyarakat. Aki ini memiliki cairan asam sulfat atau H2SO4 yang bersifat korosif. Sehingga anda harus hati-hati saat menggunakannya terutama saat melakukan pelepasan dan juga pemasangan aki pada tempatnya. Karena cairan asam sulfat pada aki basah ini akan mampu menyebabkan kerusakan pada mesin sepeda motor anda. Dan karena aki ini memiliki cairan asam sulfat yang mudah sekali mengalami penguapan sehingga anda harus selalu melakukan pengecekan secara berkala. Akan tetapi kelebihannya ialah anda mampu mendapatkan aki ini dengan harga yang relatif lebih murah dibandingkan jenis variasi tipe aki lainnya.

  • Aki Maintenance Free atau Aki MF

Aki MF ini dikenal pula dengan sebutan aki kering. Aki ini tidak memiliki cairan asam sulfat didalamnya. Namun pada bagian atas aki terdapat segel yang sangat kuat yang membantu meminimalisir terjadinya penguapan pada aki. Sehingga aki menjadi lebih aman. Dengan kelebihan ini maka tak heran jika aki MF atau aki kering ini dibandrol dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan tipe aki basah. Selain itu aki MF juga tidak akan mengalami penumpahan. Hanya saja aki MF atau aki kering ini memiliki usia pemakaian yang lebih pendek atau lebih singkat dibandingkan dengan jenis aki basah.

  • Aki Kalium

Aki kalium ini merupakan jenis aki yang dibuat dengan teknologi terbaru. Pada bagian kutub positif dan kutub negatif aki kalium terdapat lapisan kalium yang mampu menunjang kualitas aki ini. Hanya saja popularitas aki kalium masih kurang tinggi dibandingkan dengan jenis aki lainnya. Sehingga aki ini cukup sulit untuk ditemukan di berbagai toko di sekitar anda.

  • Aki Gel

Aki gel termasuk jenis aki yang juga merupakan jenis aki yang dibuat dnegan teknologi masa kini. Aki gel atau accu gel ini menggunakan tipe elektolit yang berbentuk gel sehingga tidak akan tumpah saat aki ini jatuh. Selain itu jenis aki gel juga membantu menekan terjadinya korosi yang umumnya disebabkan oleh elektrolit. Menggunakan aki gel ini menguntungkan bagi anda karena akan membuat perawatan yang anda lakukan menjadi lebih mudah bahkan bisa dikatakan aki gel ini bebas dari perawatan. Akan tetapi memang harga yang dibandrol untuk aki gel ini lebih tinggi.

  • Aki Hybrid

Aki hybrid juga menjadi salah satu jenis aki yang cukup populer di kalangan masyarakat. Aki ini dibuat dengan menggunakan kombinasi antara aki kalium dengan aki basah. Sehingga aki ini dikenal dengan sebutan aki hybrid. Pada bagian kutub positif aki hybrid dibuar dengan bahan low antimonial yang juga digunakan pada aki basah. Sedangkan pada bagian kutub negatif dibuat dengan bahan kalsium seperti pada aki kalium. Tentunya dengan menggabungkan dua elemen, membuat aki hybrid ini begitu menarik dan juga begitu aman untuk digunakan.

Itulah berbagai jenis atau tipe aki motor berkualitas yang bisa anda gunakan pada kendaraan sepeda motor anda. Pastikan agar anda mengetahui spesifikasi standar pada kendaraan bermotor anda. Sehingga anda bisa memenuhi dan memiliki aki yang berkualitas akan tetapi tidak meninggalkan perhatian anda terhadap kebutuhan aki pada sepeda motor anda. Perlu diingat bahwa pemenuhan aki yang bervariasi juga bisa anda lakukan dengan syarat masih dalam taraf 15% dari standar kebutuhan pada sepeda motor Anda yang seharusnya.

Dan jika anda masih bingung untuk menentukan, NS Baterai bisa menjadi rekomendasi yang tepat. Karena NS Baterai menyediakan banyak sekali variasi jenis aki untuk sepeda motor anda. Tentunya variasi yang adan merupakan jenis aki yang memang rekomended. Dimana NS Baterai dibuat dnegan teknologi masa kini yang canggih dan mumpuni yang juga dirakit oleh para ahli. Harga dari NS Baterai ini juga tergolong begitu terjangkau dan juga relatif murah. Jika anda masih butuh info lebih lengkap anda bisa mencari tahu dengan mengaksesnya melalui website resmi pada website NS Baterai.