kalkulator kehamilan

Menjaga kehamilan penting sekali untuk diperhatikan oleh setiap orang tua, khususnya ibu yang sedang mengandung. Kini, tersedia banyak sekali alat yang bisa digunakan, baik berbentuk digital maupun fisik untuk membantu Anda. Salah satunya yaitu kalkulator kehamilan. Alat ini tidak boleh dipandang sebelah mata. Ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda rasakan.

Kalkulator untuk kehamilan merupakan salah satu alat digital yang bisa mengecek usia kandungan dan janin dalam kandungan. Alatnya sangat mudah sekali digunakan. Di sini, kami akan menjelaskan cara menggunakannya, dan manfaatnya.

Cara Menggunakan Kalkulator Kehamilan

kalkulator kehamilan
kalkulator kehamilan

Kalkulator untuk kehamilan adalah sebuah alat digital yang tidak perlu Anda beli. Ya, alat ini ada di internet dan bisa digunakan secara gratis. Anda hanya perlu mengetik kata kuncinya saja di mesin pencari. Setelah itu, akan tampil beberapa website penyedia kalkulator tersebut.

Masuklah pada website penyedia kalkulator untuk kehamilan. Kemudian, masukan data yang dibutuhkan. Data yang dibutuhkan untuk menghitungnya adalah hari pertama haid terakhir (HPHT) dan rata-rata siklus haid Anda.

Setelah itu, silahkan Anda klik hitung. Maka, akan keluar langsung hasilnya. Hasil bisa Anda lihat di dalam tabel yang tersedia pada bagian bawahnya. Hasil yang didapatkan dari penghitungan tersebut yaitu:

  • Usia janin
  • Ovulasi (awal kehamilan)
  • Trimester
  • Periode cukup bulan
  • Hari perkiraan lahir (HPL)

Semua informasi di atas, tentu akan membantu Anda dalam mempersiapkan kelahiran, maupun pada saat trimester.

Apa Manfaat Kalkulator Untuk kehamilan?

Setiap ibu hamil, wajib selalu mengecek kalkulator untuk kehamilan. Pasalnya, kalkulator ini akan sangat bermanfaat sekali. Manfaatnya yaitu meliputi:

1.  Mempersiapkan Kelahiran Secara Matang

HPL, akan memberikan informasi terkait kelahiran janin di dalam kandungan. Hal ini tentu sangat baik sebagai informasi yang nantinya bisa digunakan untuk persiapan Anda. Persiapan kelahiran sangat penting bagi setiap pasangan yang siap menyambut kelahiran si kecil.

2.  Mengetahui Trimester Baru

Setiap trimester pada kehamilan, umumnya setiap ibu hamil akan mengalami perubahan. Untuk mempersiapkan setiap perubahan, Anda bisa langsung cek trimester melalui kalkulator.

 Pada setiap trimester, Anda pun bisa melakukan persiapan seperti memenuhi asupan nutrisi maupun gizi. Hal ini sangat baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin di dalam kandungan.

3.  Mengetahui Usia Kandungan dan Janin

Fungsi utama dari kalkulator ini yaitu untuk mengetahui usia kandungan dan janin di dalam kandungan. Hal ini sangat penting sekali bagi ibu yang sedang hamil. Perhitungannya pun tergolong sangat akurat sekali.

Nah, itulah tips bagaimana cara menggunakan kalkulator kehamilan, dan di mana Anda bisa menemukannya. Bagi Anda yang sedang dalam masa kehamilan, silahkan cek usia kandungan dan janin Anda dengan kalkulator. Caranya sangat mudah sekali. Semoga penjelasan di atas dapat membantu Anda yang sedang dalam masa kehamilan untuk mempersiapkan kelahiran.