Siapa yang sejak kecil sudah suka dengan menggambar? Baik melalui media digital maupun kertas? Jika Anda adalah salah satu orang yang memiliki kegemaran tersebut, tidak ada salahnya untuk melanjutkan jenjang formal ke tingkat universitas jurusan DKV (Desain Komunikasi Visual).

Namun, ketika Anda memilih DKV, maka tidak hanya menggambar saja yang akan ditekuni. Masih perlu modal kemampuan lain yang perlu. Di bawah ini sudah kami jelaskan secara mendetail.

universitas jurusan DKV
universitas jurusan DKV

Universitas jurusan DKV yang acap tergabung di Fakultas Seni Rupa dan Desain, atau Fakultas Seni ini adalah cabang ilmu yang mempelajari konsep komunikasi serta ungkapan kreatif. Tidak hanya itu, jurusan DKV ini memahami tentang teknik dan media dengan memanfaatkan elemen-elemen visual ataupun rupa. Tujuannya adalah, untuk menyampaikan pesan yang mempunyai tujuan tertentu.

Ke depan nya, seorang lulusan DKV harus pandai dalam mengolah sebuah pesan yang ada dengan efektif, komunikatif, dan informatif. Oleh sebab itu, banyak hal yang mendasar untuk Anda pelajari, seperti:

·         Komunikasi Grafis

Seorang mahasiswa dengan konsentrasi desain grafis harus pandai membuat desain majalah, membuat logo, mendesain surat kabar, desain kemasan, rambu (sign system), dan paket promosi sebuah produk.

·         Komunikasi Visual Periklanan

Bagi seorang desainer iklan diminta untuk bisa bermain visual yang menarik dan efisien untuk tujuan persuasi. Juga, sebaiknya bisa mengemas citra produk, kampanye, program menggunakan bahasa visual yang baik, sehingga terjadi perubahan perilaku dari sasaran yang diinginkan.

Entah itu permintaan komunikasi grafis dan komunikasi visual periklanan, sebaiknya untuk mengolah bahasa visual di media yang statis atau diam. Kemampuan tipografi, komunikasi, fotografi, serta ilustrasi menjadi faktor yang wajib dikuasai.

·         Komunikasi Multimedia

Mengarah ke media dinamis berbasis suara (audio) dan waktu. Animasi, media interaktif, desain web, hingga penyutradaraan film merupakan contoh pekerjaan desainer multimedia. Dasar-dasar komunikasi visual teraplikasikan secara dinamis di karya multimedia.

Tiga poin itulah yang kudu Anda persiapkan ketika ingin mengambil dan menentukan universitas jurusan DKV. Semoga bermanfaat dan sekian.