kalkulator kehamilan

Bagi ibu yang sedang hamil, apakah anda sering melakukan perhitungan terhadap usia kehamilan anda, kapan anda terakhir ke dokter atau ke bidan untuk periksa kehamilan anda. Penting sekali bagi calon ibu yang sedang hamil untuk menghitung usia kehamilannya dengan menggunakan kalkulator kehamilan. Saat ini pengetahuan akan menghitung usia kehamilan masih banyak kurang dipahami oleh para ibu hamil.

Padahal hal ini merupakan hal penting untuk dapat mengetahui usia kehamilan yang sedang dijalani. Dengan mengetahui usia kehamilan, seorang ibu hamil dapat mengetahui perkembangan atau pertumbuhan organ apa yang sedang terjadi pada janinnya, kebutuhan apa yang diperlukan oleh janinnya dan hal apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama usia kehamilan tersebut.

kalkulator kehamilan
kalkulator kehamilan

Menghitung umur kehamilan bukan hal yang susah bila dibantu dengan kalkulator kehamilan apalagi saat ini Anda sudah dipermudahkan dengan banyaknya aplikasi yang dapat digunakan untuk menghitung usia kehamilan anda.

Namun masih perlu diketahui kalau perhitungan umur kehamilan ini hanya perkiraan saja, lantaran kita tidak tahu persis kapan pembuahan terbaik pada masa subur Anda. Selain itu, dengan menghitung dengan kalkulator kehamilan, seorang ibu hamil dapat mengetahui kapan jadwal pemeriksaan yang harus dilakukan baik ke dokter maupun ke bidan, sehingga dengan demikian diharapkan kehamilan yang sedang dijalani sang ibu menjadi sehat dan berkualitas. 

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai perhitungan masa kehamilan, ada baiknya kita pelajari dulu arti dari usia kehamilan. Apa sih usia kehamilan itu, Usia kehamilan merupakan panjang waktu kehamilan yang dihitung setelah HPHT (Haid Pertama Haid Terakhir).

HPHT sendiri yaitu hari pertama Anda haid pada periode paling akhir menstruasi Anda. Umpamanya Anda telah telat haid 1 bulan, jadi Anda mesti mengingat kapan hari paling akhir Anda haid. Usia kehamilan atau usia gestasi adalah usia janin yang sesungguhnya yang mengacu pada waktu kehamilan yang dihitung dari waktu pembuahan. Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk menghitung usia kehamilan, ada yang menggunakan kalkulator online, dan ada yang dilakukan secara manual. 

Saat ini ibu hamil sudah sangat dipermudah dengan adanya kalkulator kehamilan online, dan penggunaanya pun sangat mudah. Anda hanya tinggal memasukkan tanggal, bulan dan tahun Haid Pertama Haid Terakhir (HPHT) Anda serta lama siklus haid rata-rata Anda, biasanya lama siklus ini berkisar antara 21 sampai 35 hari (umur nya 28 hari). 

Hasil dari penghitungan kalkulator kehamilan ini akan muncul secara otomatis. Jadi Anda tidak perlu kesusahan menghitung secara manual. Tidak hanya lewat cara otomatis dengan pertolongan kalkulator online, Anda dapat juga mengkalkulasi umur kehamilan dengan cara manual. Alat perhitungan kehamilan cara kalender memakai hari pertama haid paling akhir (HPHT) di atas didasarkan pada langkah perhitungan dengan Rumus Naegele. Rumus Hamil Naegele: Rumus = (Hari  +7), (Bulan-3), (Tahun + 1)