Perhiasan Berlian Asli
Perhiasan Berlian Asli

Mengukur Perhiasan Berlian Asli ini bisa meminta bantuan dari profesional. Namun kalian juga harus tahu berikut ini beberapa cara yang dilakukan profesional dalam melihat keaslian berlian.

Tes Suhu Panas

Pada dasarnya sama dengan tes panas yang bisa kalian lakukan sendiri. Akan tetapi disini yang diukur bukanlah keretakan berlian, namun berapa lama berlian mampu bertahan dari suhu panas. Mintalah tenaga ahli untuk melakukan uji panas ini, di mana biasanya uji panas Cuma dilakukan selama 30 detik dan juga tidak merusak batunya mirip dengan cara pengujian yang lain.

Setelah pengujian dilakukan, amati jika Batuan tidak memanas dengan mudah, artinya struktur dari kristalin yang rapat serta merata dari berlian berakibat cepat mendispersikan panas. Artinya berlian ini asli.

Menguji antara Berlian atau Moisanit

Tukang perhiasan ataupun toko perhiasan berlian umumnya memiliki alat yang khusus untuk membedakan antara berlian dan moisanit. Mereka juga bisa dengan cepat menunjukkan apakah perhiasan tersebut berlian asli atau hanya perhiasan lain yang mirip dengan berlian.

Cara ini lebih akurat ketimbang tes panas, karena tes panas tradisional tidak semuanya mampu membedakan antara moisanit dan berlian asli. Pengujian ini dilakukan dengan alat uji konduktivitas listrik dan bukan alat uji termal.

Menguji dengan Mikroskop

Lakukan tes dengan teknik meletakkan berlian di bawah kaca mikroskop dengan faset atasnya dihadapkan ke bawah. Selanjutnya bolak-balikkan berliannya secara pelan-pelan menggunakan pinset. Demi mendapat pandangan yang terbaik dari batu berlian itu, gunakan mikroskop dengan zoom 1200 kali. Amati hasil yang terlihat dan apakah kalian melihat sedikit kilauan jingga di sepanjang fasetnya. Jadi batu berlian tersebut merupakan dari Cubic Zirkonia.

Mengetes dengan Timbangan

Perhiasan Berlian Asli juga bisa dicek dengan cara menimbang berlian tersebut dengan memakai timbangan yang paling sensitif dan juga mampu mengukur sampai tingkat karatnya atau butirannya. Satu-satunya metode untuk melakukan pengujian ini secara akurat adalah dengan memiliki berlian yang kadar keasliannya diketahui dengan ukurannya itu selaras dengan bentuk yang sama. Tanpa berlian perbandingan, kalian akan kesulitan dalam menentukan jika beratnya timpang.