apa itu deposito
apa itu deposito

Saat ini, deposito menjadi salah satu jenis tabungan yang paling banyak diminati. Hal tersebut dikarenakan, tabungan ini jauh lebih menguntungkan dibandingkan dengan jenis tabungan biasa. Ingin mengenal lebih dekat tentang apa itu deposito? Simak artikel yang akan kami jelaskan berikut, karena di sini kami akan menjelaskannya kepada Anda.

Apa Itu Deposito?

Sederhananya, deposito adalah jenis tabungan biasan. Namun, ada sejumlah persyaratan untuk memilikinya. Adapun persyaratan-persyaratan yang harus Anda siapkan di antaranya seperti:

apa itu deposito
apa itu deposito
  • Memiliki jangka waktu pinjaman
  • Memiliki minimal setoran yang wajib disetujui
  • Pencairan dana harus sesuai dengan jangka waktu yang Anda pilih sebelumnya
  • Menawarkan bunga deposito yang jauh lebih tinggi dibandingkan tabungan biasa
  • Deposit merupakan salah satu instrumen investasi menguntungkan minim risiko

Nah, bagi Anda yang ingin memilikinya, Anda harus mengetahui persyaratan-persyaratan di atas. Dengan begitu, Anda bisa memikirkan secara matang penempatan, hingga jangka waktu yang diinginkan.

Perbedaan Deposito dengan Tabungan

Meski bisa dikatakan hampir sama, namun keduanya memiliki sejumlah perbedaan yang tergolong cukup signifikan. Nah, berikut akan kami jelaskan apa saja perbedaan di antara keduanya.

1.  Perbedaan Dalam Pengambilan Uang

Anda bisa mengambil uang tabungan kapan saja. Sedangkan pada deposito, Anda tidak boleh mengambilnya begitu saja. Karena, sesuai dengan yang telah kami jelaskan di atas, deposito memiliki jangka waktu tertentu untuk pengambilannya.

2.  Deposito Sebagai Investasi Sementara Tabungan Untuk Menabung

Perbedaan dari sistem pun bisa kita lihat juga secara jelas. Tabungan yang kita gunakan adalah untuk menabung atau menyimpang uang. Sementara deposito, jelas tujuannya untuk investasi. Bunga pada deposito jauh lebih tinggi. Sehingga dapat memberi keuntungan bagi para pemiliknya.

3.  Buku Tabungan dan Bilyet

Jika Anda menabung di bank, Anda akan memiliki sebuah buku tabungan, dan kartu ATM. Keduanya merupakan bukti bahwa Anda merupakan nasabah dan memiliki tabungan di bank terkait.

Nah, pada deposito, sedikit berbeda, Anda akan mendapatkan bilyet deposito. Itu merupakan sebuah tanda bahwa Anda adalah seorang pemilik dana deposito tersebut.

4.  Bunga Deposito

Seperti yang kami singgung di atas, bunga deposito lebih tinggi dibandingkan menabung. Kisaran bunganya bisa mencapai 5% hingga 7%. Sedangkan untuk bunga tabungan, hanya sebesar 0,5% saja, atau hingga 3%.

Manfaat Deposito Sebagai Investasi

Bagi Anda yang sedang berencana menginvestasikan uang, deposito bisa menjadi salah satu penempatan yang tepat. Karena, deposito memiliki sejumlah manfaat sebagai berikut:

1.  Minim Risiko

Ada banyak sekali instrumen investasi yang mungkin sudah Anda kenal. Nah, deposito adalah salah satu instrumen yang terbilang minim risiko. Risiko kerugiannya kecil atau bisa dikatakan tidak ada risiko sama sekali.

2.  Bisa Memilih Jangka Waktu

Jangka waktu yang ditawarkan biasanya mulai dari 1 hingga 24 bulan. Anda bisa menyesuaikannya dengan keinginan. Semakin lama jangka waktunya, maka semakin besar juga keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

3.  Investasi yang Mudah Dijalankan

Seperti yang kita ketahui, ada banyak investasi yang memerlukan kemampuan khusus. Anda harus menghitung dan memprediksi banyak hal. Namun, tidak demikian jika Anda memilih deposito. Cukup menabung uang, lalu tunggu jangka waktunya, maka Anda akan mendapatkan hasilnya.

Deposito Bunga Tinggi di Bank Sinarmas

Berniat untuk mendepositokan uang Anda? Salah satu bank terkemuka, yaitu Bank Sinarmas, kini menawarkan deposito bunga tinggi bagi para nasabah. Anda bisa memulainya dengan penempatan mulai dari Rp8.000.000-an.

Cara pengajuannya pun tergolong sangat mudah sekali. Selain itu, bunga yang didapatkan pun cukup tinggi.

Nah, itulah penjelasan seputar apa itu deposito dan perbedaannya dengan tabungan. Bagi Anda yang sedang berencana mendepositokan uang, Bank Sinarmas adalah solusi yang tepat bagi Anda.