cyber security indonesia
cyber security indonesia

Digitalisasi merupakan sebuah era yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia modern. Penggunaan internet yang semakin meningkat membuat banyak cyber attacker yang berusaha mencari celah keuntungan dari sistem keamanan dunia maya. Demi meminimalisir risiko malware tersebut, banyak organisasi atau perusahaan butuh cyber security. Anda bisa menjadi ahli cyber security Indonesia yang dibutuhkan banyak perusahaan atau organisasi yang ingin melindungi aset dari serangan cyber

IDS Digital College bisa menjadi pilihan tempat belajar ilmu dan teknik cyber security yang handal. Anda memiliki kesempatan untuk menjadi ahli cyber security yang dibutuhkan banyak orang di era digital yang semakin canggih. Kira-kira skills apa saja yang wajib dimiliki oleh tenaga ahli di bidang keamanan dunia maya ini? Berikut 6 keahlian yang masuk dalam kategori hard skill seorang ahli cyber security Indonesia:

cyber security indonesia
cyber security indonesia

Programming

Tak hanya memahami bahasa pemrograman saja, seorang cyber security sangat butuh pemahaman tentang architecture, virtualization software, management of operating systems, administrasi, dan jaringan. Ahli sanggup merancang dan mengantisipasi risiko ancaman kemudian hari.

Analisis dan mitigasi risiko

Kemampuan di bidang analisis dan mitigasi risiko merupakan hal vital yang wajib dimiliki oleh seorang cyber security. Tuntutan pekerjaan membuat mereka harus paham bisa mengidentifikasi setiap ancaman yang ada. Threat remedy, threat prevention dan threat identification merupakan komponen yang dalam mitigasi ancaman keamanan dunia maya untuk membatasi risiko kerusakan pada sebuah sistem perusahaan.

Intrusion detection

Alasan cyber security banyak dibutuhkan perusahaan karena ancaman hacker yang semakin gencar di era modern ini. Oleh sebab itu, cyber security berfungsi untuk mengurangi risiko buruk tersebut. Keterampilan mendeteksi ancaman atau aktivitas berbahaya sedini mungkin sangat penting bagi perlindungan data dan aset perusahaan. 

Cloud security

Ahli cyber security wajib memiliki keterampilan dasar layanan berbasis cloud. Banyak perusahaan memiliki arsip data digital dengan memanfaatkan layanan cloud ini. Tugas seorang cyber security perusahaan adalah memastikan bahwa data yang tersimpan tetap aman. Seperti yang diketahui bahwa layanan cloud terbukti aman dari risiko peretasan data. 

Analisis malware

Virus malware sangat mengancam keamanan data di dunia maya. Keahlian analisis pada malware menjadi keterampilan dasar yang harus dimiliki seorang cyber security. Apabila ada ancaman yang masuk dan membahayakan situs perusahaan, cyber security bisa langsung memulihkan keadaan dalam waktu singkat. 

Enkripsi

Keterampilan enkripsi merupakan hardskill cyber security untuk meminimalisir risiko pihak peretas mengambil data penting bisnis perusahaan. Hal ini terjadi apabila peretas berhasil masuk yang mungkin gagal dideteksi oleh tim keamanan. Keahlian melakukan enkripsi menjadi solusi akhir agar peretas tidak bisa mengambil data-data penting perusahaan atau organisasi. 

Selain memiliki kemampuan dasar di atas, seorang cyber security wajib memiliki softskill yang mencakup kemampuan memecahkan masalah, teliti, memiliki komunikasi yang baik, memperhatikan detail kecil, analitis, dan siap belajar dari segala kesalahan. 

Seorang ahli cyber security memiliki peluang untuk mendapatkan masa depan dan karir yang cerah. Mengingat banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga ahli dalam melindungi keamanan data bisnis mereka. Anda bisa menjadi salah seorang cyber security Indonesia yang handal dengan bergabung bersama IDS Digital College. 

Belajar keahlian dasar dan softskill di IDS Digital College akan membuat Anda bisa mewujudkan impian menjadi seorang cyber security. Bagi Anda yang tertarik dengan dunia teknologi dan informatika, pastikan bergabung menjadi profesional IT di Indonesia.