Rambut Rontok
Rambut Rontok

Penyebab Rambut Rontok Yang Berlebihan

Salah satu penyebab rambut rontok yang berlebihan secara medis disebut dengan telogen effluvium. Kerontokan rambut ini terjadi secara menyeluruh pada bagian kepala Anda, sehingga tidak juga bisa menyebabkan kebotakan pada satu area saja atau pitak. Akibatnya, rambut tampak tipis secara keseluruhan.

Kondisi ini bisa terjadi setelah tubuh mengalami stres atau tertekan, baik secara fisik maupun emosional. Secara umum, rambut yang rontok berlebihan serta pertumbuhan rambut yang lambat, bisa disebabkan oleh faktor-faktor berikut diantaranya adalah stres. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Mari kita simak informasi selanjutnya.

Rambut Rontok
Rambut Rontok

Dalam beberapa kasus tertentu, banyak sekali rambut yang rontok berlebihan tidak membutuhkan pengobatan khusus. Rambut Anda bisa tumbuh dan juga tebal kembali dalam beberapa bulan kemudian, jika akar masalah atau penyebab rambut rontok berlebihan sudah teratasi. Beberapa kasus rambut rontok berlebihan ini mungkin juga memerlukan perawatan yang lebih, misalnya Anda harus menggunakan shampo CLEAR.

Anda juga perlu berkonsultasi ke dokter kulit untuk mendiagnosa penyebabnya. Jika kerontokan rambut Anda dianggap sudah dalam tahap memerlukan perawatan khusus, maka dokter akan merekomendasikan obat-obatan, pengangkatan sebagian kulit kepala, terapi laser untuk menumbuhkan rambut, atau mungkin operasi transplantasi rambut.

Agar rambut rontok yang berlebihan tidak semakin parah, Anda bisa melakukan langkah pencegahan, antara lain dengan membatasi penataan rambut menggunakan alat pemanas dan bahan kimia, seperti mencatok, mengeriting rambut, atau mewarnai rambut. Selain itu, hindari mengepang atau mengikat rambut, serta menyisir rambut dalam keadaan basah. Anda bisa menggunakan sampo bayi yang cenderung lebih lembut, untuk mencuci rambut Anda.