Perusahaan logistik mulai menjamur seiring dengan berkembangnya E-Commerse di dunia dan di Indonesia pada khususnya. E-Commerse merupakan penjualan barang secara online yang menjadi pilihan utama masyarakat zaman sekarang. Karena tidak bisa dipungkiri lagi kalau E-commerse tidak bisa lepas dari logistik. Dua perusahaan ini secara langsung sudah membentuk simbiosis yang tidak bisa dipisahkan satu dengan lainnya. Pihak E-Commerse membutuhkan warehouse untuk menyimpan, pengemasan, pengiriman barang. Dan itu dijadikan peluang meraup keuntungan bagi pihak warehouse.

Peran Perusahaan Logistik Saat Ini bagi E-Commerce

Sebuah perusahaan penyimpanan mempunyai peranan penting dalam majunya E-Commerse. Bahkan bisa dikatakan kalau logistik atau warehouse menjadi ujung tombak berkembangnya sebuah perusahaan E-Commerse. Hal ini disebabkan karena E-Commerse tidak bisa bekerja sendiri dan membutuhkan pihak ketiga untuk membantu. Dan salah satu perusahaan yang berkecimpung di bidang logistik adalah Serasi Autoraya. SERA Astra merupakan perusahaan yang tidak perlu ditanyakan lagi keahliannya. Adapun peran dari pihak perusahaan logistik adalah:

  1. Menyimpan barang

Peran pertama perusahaan logistik adalah menyediakan tempat untuk menyimpan barang yang ingin dipasarkan. Pihak logistik berperan untuk menyediakan tempat penyimpanan yang sesuai dengan karakteristik setiap barang supaya barang tidak mudah rusak. Bukan hanya itu, pihak logistik juga bertanggung jawab atas keamanan barang. Dalam artian barang yang disimpan tidak kurang satu pun. Jadi stock yang tercatat sama dengan jumlah barang yang tersimpan dalam gudang.

  1. Menerima Barang

Perusahaan E-Commerse bisa jadi secara tidak langsung menerima barang yang menjadi stock yang dijual. Hal ini disebabkan karena barang dikirim langsung ke gudang logistik. Aktivitas ini sudah sepenuhnya diatur untuk melihat jumlah barang yang didapat dan seberapa besar dana yang diperoleh pihak E-Commerse. Dengan demikian, E-Commerse menghemat pengeluaran dalam pembayaran pegawai yang harus bertugas dalam hal ini. Pihak gudang logistik juga harus memastikan tidak ada yang salah dalam perhitungan jumlah tersebut.

  1. Packing Barang

Peran lain dari perusahaan logistik yang tidak banyak diketahui orang yaitu melakukan packing atau pengepakan. Tidak banyak yang tahu kalau ternyata barang dipack oleh logistik bukan E-Commerse. Barang yang dikirim harus dipack dengan baik supaya tidak rusak saat proses pengiriman. Barang membutuhkan perlakuan khusus dan berbeda antara satu barang dengan barang yang lain. Akibatnya bisa fatal kalau barang rusak diterima oleh relasi. Bisa jadi kepercayaan kepada perusahaan E-Commerse hilang dan tidak mau lagi membeli barang.

  1. Pengiriman Barang

Pihak logistik juga berperan dalam pengiriman barang. Sebelum dikirim, barang yang dikirim harus tercatat rapi dalam administrasi. Barang dikirim langsung oleh pihak logistik melalui petugas helper dan stock keeper sehingga barang dipastikan aman dan selamat sampai tujuan. Barang juga harus dipastikan sampai tepat waktu. Logistik sudah dilengkapi dengan armada yang memadai untuk mengirim barang apapun dalam jumlah banyak sehingga pembeli bisa tenang kalau barang yang dibeli tidak terlambat dan tidak lecet apalagi rusak. Karena kalau barang rusak maka pihak E-Commerse pasti yang dikomplain oleh pelanggannya

Dengan pesatnya E-Commerse di Indonesia, semakin mendukung berkembangnya perusahaan yang bergerak di bidang logistik. Perusahaan logistik membantu pihak E-Commerse dalam bidang pengamanan barang. Sebagai pihak E-Commerse, bekerja samalah dengan pihak logistik yang sudah terpercaya dan mempunyai gudang penyimpanan yang memadai supaya barang yang disimpan tidak rusak bahkan hilang.