kuliah DKV
kuliah DKV

Kuliah DKV, desain komunikasi visual belum menjadi jurusan yang banyak dipilih anak muda khususnya siswa lulusan SMA. Meski demikian, jurusan ini terus berkembang. Perlahan namun pasti beberapa perguruan tinggi sudah memasukkan nya dalam kurikulum dan peminatnya bertambah.

Masalahnya, masih banyak orang belum mengenalnya. Padahal untuk kuliah di sini syaratnya mudah. Yang penting kamu suka dengan dunia seni menggambar. Ya, karena di sini memadukan antara seni menggambar di atas kertas klasik dengan teknologi digital.

Kamu tidak lagi menggambar di atas kertas. Jika dahulu untuk membuat film animasi memerlukan banyak gambar di atas kertas yang di adukan dan digerakkan dengan cepat, saat ini tidak. Kamu tinggal menuangkannya dalam gambar di komputer. Menarik bukan? Ssst.. kuliah di sini juga tidak ada pelajaran matematika yang rumit lho! 

Lalu, jadi apa setelah kuliah DKV? Ini menjadi pertanyaan utama orang di Indonesia ketika ingin kuliah? Nah, kamu yang memilih kuliah desain komunikasi visual antara lain dapat berprofesi di bawah ini.

  1. Wirausaha atau sebagai freelancer di bidang desain grafis, fotografi, animator, web desainer, dan sebagainya. Di sini kamu bisa mendirikan usaha sendiri atau ikut bekerja dengan perusahaan lain yang menyalurkan tenaga freelancer. Uniknya, dengan keahlian yang ada, tidak harus nunggu lulus lho!
  2. Biro konsultan desain. Pekerjaan ini juga bisa sebagai wirausaha atau karyawan. Banyak desain yang dapat kamu buat di sini, seperti logo perusahaan, kemasan produk, desain majalah, desain cover buku, dan sebagainya.
  3. Biro iklan surat kabar maupun media internet atau digital marketing. Selama masih ada produk dan jasa yang ditawarkan, pekerjaan ini selalu ada dan dibutuhkan.
  4. Rumah produksi sebagai sutradara film, animator, editor video, dan sebagainya. Pekerjaan di balik layar film-film besar akan menarik.
  5. Percetakan dan penerbitan karena tenaga kamu dibutuhkan untuk desain buku, cover, layouter, dan sebagainya.
  6. Hubungan masyarakat, profesi yang kelihatannya tidak berhubungan dengan dengan desain komunikasi visual. Ini berkaitan dengan jurusan visual iklan dan visual media.

Banyak bukan prospek kerja dari kuliah DKV?

Kamu yang berminat, dapat membuka website International Design School (IDS) dan mendaftar secara online. Lembaga pendidikan khusus desain dan dunia digital yang dapat menjadi pilihan.

Biaya terjangkau, tempat dekat, fasilitas lengkap, dan menyajikan praktek langsung materi perkuliahan dan praktisi profesional. Bahkan, sering kali mengundang tokoh perfilman nasional.