Internet, telah menjadi satu sarana untuk bidang bisnis dan komunikasi di zaman modern saat ini. Namun pernahkah Anda mencari tahu seputar sejarah perkembangan internet? Bisa dipastikan penggunaan paket internet yang saat ini kita gunakan dulunya belum pernah ditemukan, sehingga menjadi langkah inovasi menarik yang kemudian bisa kita gunakan untuk beragam keperluan.

Kita bisa melihat pengguna internet sekarang ini jumlahnya semakin bertambah. Sehingga akan lebih baik ketika kita mengetahui secara singkat seperti apa kisah sejarahnya.

Sejarah Singat Internet

Internet menjadi satu jaringan komunikasi yang bisa menghubungkan sebuah media elektronik dengan media elektronik lainnya. Bahkan beberapa rancangan internet saat ini sudah lebih dulu dikembangkan sejak puluhan tahun lalu. Sehingga standar teknologi dasarnya dimulai pada tahun 1969 dengan tipe Transmisison Control Protocol ataupun TCP.

Berkempat dari TCP tersebut penggunaan internet sudah dimulai dalam versi internetworking. Ada beberapa cara untuk menghubungkan rangkaian internet yang sudah diterapkan berdasarkan aturan pada saat itu.

Kemudian berawal juga dari proyek bernama ARPANET yang menjadi cikal bakal perkembangan internet saat ini. Munculnya proyek ARPANET ini bisa digunakan untuk kebutuhan militer. Dari situlah pengguna internet digunakan untuk membentuk sistem jaringan komputer, dan bisa menghubungkan komputer di beragam lokasi.

Namun, perkembangan proyek ARPANET ini mulai dikembangkan untuk kebutuhan pendidikan sejak tahun 1972. Secara resmi ARPANET dikembangkan untuk beberapa universitas ternama di Amerika Serikat. Dari sinilah kemunculan internet makin booming dan sudah dilirik oleh banyak negara berkembang pada saat itu.

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat luas, ARPANET dibagi menjadi dua bagian yakni ARPANET dan MILNET. Ada dua perbedaan yakni pada subjek dan objeknya. Untuk MILNET ini digunakan untuk keperluan internet militer di sisi internal, kemudian ARPANET digunakan untuk kebutuhan non militer.

Berkembangnya zaman setelah tahun 1972 semakin cepat, terbukti adanya proyek peasawar ruang angkasa yang membutuhkan akses koneksi internet secara maksimal. Sehingga dari penggunaan internet sudah mulai meluas hingga negara lainnya. Selain Amerika Serikat, Rusia pun mulai mengembangkan penggunaan internet di beberapa instansinya.

ARPANET dikatakan mampu menghadirkan pc komputer canggih pada masanya, dengan total PC komputer mencapai 111 unit. Kemudian setelah akses internet bisa digunakan untuk kebutuhan umum, mulailah negara-negara berkembang seperti Indonesia mengenal internet tepatnya pada tahun 1997.

Penggunaan internet pada tahun 1997 masih sangat terbatas terutama untuk keperluan media saja. Kemudian penggunaan jaringan internet dirasakan bermanfaat terutama untuk mencari informasi dan berita lebih detail, maka di tahun 2000 ada banyak berita online dimuat dan penggunaan blog pun menjadi viral pada saat itu.

Perkembangan internet di Indonesia dikatakan cukup cepat, meskipun beberapa daerah belum menganggap kebutuhan internet menjadi sangat penting seperti sekarang. Kantor media sudah menjadi contoh penggunaan internet pada tahun 200an, kemudian berkembangnya fasilitas ponsel juga mendukung kebutuhan internet. Melonjaknya penggunaan internet di Indonesia bisa disebabkan beberapa faktor, salah satunya kebutuhan informasi dan kebutuhan bisnis. Munculnya platform smartphone dengan fitur koneksi internet untuk semua aplikasinya membuat masyarakat makin membutuhkan koneksi internet. Bukan hanya itu, di sektor pendidikan juga sudah mengawali penggunaan internet sejak tahun 2005-2006an. Dulu internet menjadi barang mewah dan tak semua orang memilikinya. Sekarang internet sudah menjadi kebutuhan vital untuk menunjang semua kebutuhan utama yang nantinya bisa merambat ke beberapa sektor baik itu pendidikan, bisnis, dan masih banyak lainnya dengan modal paket internet saja.