Jika ditanya menu MPASI apa yang sering bunda siapkan, mungkin jawabannya adalah bubur bayi 6 bulan. Ini merupakan menu makanan pendamping ASI yang paling mudah dibuat.

Namun, bunda tidak ingin memberikan menu bubur yang sama, bukan? Jika itu yang bunda lakukan, bukan tidak mungkin si kecil akan mogok makan. Bisa saja ia tidak suka bubur lagi. Sebenarnya, bukannya ia tidak suka tapi bosan.

Untuk itu, bunda sebaiknya coba menu bubur tim bayi umur 6 bulan yang variatif. Berikut ini beberapa resep yang bisa bunda coba di rumah.

Nasi Tim Sayur Sop

Sebenarnya, bayi harus mulai dikenalkan dengan makanan seperti yang dikonsumsi oleh orang dewasa. Hanya saja, tentu bunda tidak bisa langsung memberikan nasi, kan? Bayi usia 6 bulan belum punya gigi sehingga sangat tidak mungkin jika bunda memberi nasi layaknya orang dewasa.

Dan bukan hanya bubur saja. Karena bubur itu terlalu lunak. Agar mirip dengan makanan orang dewasa, bunda bisa buatkan bubur byai 6 bulan yang dicampur dengan sayur sop. Selain untuk mengenalkan makanan yang mirip dikonsumsi oleh orang dewasa, sayur sop juga bagus untuk kesehatan lho. Apalagi jika bunda buatkan sop yang ada kaldu ayamnya. Jelas sop akan dengan lahap dihabiskan oleh si kecil. Selain itu, kaldu juga bagus untuk menambah berat badan bayi

Nasi Tim Telur Orak Arik

Ada banyak sekali makanan yang bisa menambah berat badan bayi. Asalkan menu makanan tersebut mengandung protein yang tinggi. Nah, salah satu resep makanan yang tinggi protein adalah bubur tim telur orak arik.

Bagaimana cara membuatnya? Mudah saja kok bunda. Pertama-tama, bunda buat bubur tim dulu. Sebelum bubur benar-benar matang, tambahkan telur lalu aduk sehingga seperti di “orak arik”. Agar aroma telurnya tidak begitu menyengat, bunda bisa tambahkan parutan wortel dan buncis. Tambahkan juga sedikit gula dan garam untuk penyedap rasa.

Nasi Tim Ati Ayam Kampung

Dulu, orang-orang tua bilang agar anak pintar, maka anak diberi ati ayam. Apakah itu mitos? Ternyata tidak. Ada kaitannya lho bunda. Para ahli gizi menemukan adanya kandungan tyrosine yang ada di dalam hati ayam kampung. Apa itu tyrosine? Ini merupakan asam amino yang penting untuk membuat serotonin yang berperan agar bayi lebih mudah untuk berkonsetrasi dan juga menghafal.

Meskipun demikian, bukan berarti bunda setiap hari membuatkan menu bubur tim bayi usia 6 bulan yang ada ati ayamnya ya. Kecerdasan tidak hanya ditentukan dari dalam tapi juga dari luar. Artinya, selain nutrisi, kecerdasan juga dipengaruhi oleh stimulus yang diberikan dari luar seperti bagaimana bunda mengajari atau mengasuh sang buah hati.

Nah, sekarang bunda mau coba untuk buat menu MPASI yang mana? Yang pasti, dengan memberikan menu MPASI yang bervariasi, tumbuh kembang bayi akan lebih baik. Selain itu, ini juga menghindarkan bayi mogok makan.

Terlepas dari hal tersebut, bunda harus ketahui juga kondisi si kecil ya. Dengan demikian, bunda bisa memberikan makanan yang sesuai dengan kondisi sang buah hati. Yang jelas, banyak manfaat memberikan bubur tim selain hanya sekedar kebutuhan nutrisi hariannya terpenuhi.

Sekarang, silakan bunda ke dapur dan siapkan menu bubur bayi 6 bulan yang paling enak ya.