perkembangan janin
perkembangan janin

Memiliki anak yang sehat dan cerdas menjadi harapan tiap ibu. Saat hamil merupakan saat awal perkembangan janin menjadi suatu hal penting, karena berhubungan dengan pertumbuhan selanjutnya. Saat dalam kandungan merupakan, waktu perkembangan yang cepat seluruh organ tubuh seseorang. Otak menjadi organ yang pertama kali terbentuk. Pembentukan otak dan sel syaraf yang sempurna, penting untuk kecerdasannya.

Semua itu memerlukan nutrisi yang tepat. bisa didapatkan dari makanan ibu hamil, maupun suplemen selama hamil. Kamu  bisa berkonsultasi pada bidan sela untuk mendapatkan informasi mengenai nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil. Pertumbuhan bayi dalam kandungan dibagi dalam 3 tahap, yang disebut dengan trimester. Tiap trimester terdiri dari tiga bulan. Tiap tahap perkembangan membentuk beberapa organ dalam tubuh.

perkembangan janin
perkembangan janin

Trimester pertama pada janin dimulai dari saat menempel nya janin pada rahim, sampai usia kehamilan 12 minggu. Pada tahap ini otak dan sistem saraf mulai terbentuk. Agar perkembangan janin sempurna, pada masa ini zat besi, asam folat, protein menjadi hal yang penting. Tahap perkembangan selanjutnya adalah trimester kedua. Ini adalah 3 bulan kedua kehamilan. Saat ini janin dalam kandungan sudah mulai kuat, perkembangannya pun semakin cepat. 

Bentuk tubuh bayi sudah terbentuk nyaris sempurna. Panca indranya sudah mulai berfungsi sehingga mampu mendeteksi sumber suara, maupun cahaya. Organ dalam bayi pun mulai berfungsi pada tahap ini. Cukupkan nutrisinya agar pertumbuhan sempurna. Trimester tiga merupakan tahap terakhir perkembangan janin dalam kandungan. Organ tubuh yang sudah lengkap mengalami penyempurnaan bentuk dan fungsi. Bayi sudah mulai bisa bereaksi terhadap rangsangan sekitarnya.

Pada tahap akhir ini, kamu harus merencanakan proses persalinan yang tepat untuk jabang bayi. Sebaiknya berkonsultasi dengan ahlinya, seperti konsultasi pada bidan sela, agar proses persalinan lancar. Tumbuh kembang sebuah proses alami yang tidak dapat diulang. Memastikan janin mendapatkan yang dibutuhkan selama proses ini menjadi kewajiban orang tua. Berikan kebutuhannya sebagai wujud kasih sayang. Selamat datang jabang bayi.