tanda2 mau melahirkan

Setiap ibu hamil pada dasarnya sangat wajib mengenal tanda2 mau melahirkan. Terutama jika sudah menjelang bulan-bulan akhir kehamilan. Selain ibu hamil, pasangan, atau suami pun wajib untuk mengenalinya. Tujuannya tentu saja agar proses persalinan nanti berjalan sesuai harapan.

Setidaknya ada 15 tanda yang harus dicatat. Nah, berikut akan kami jelaskan satu per satu tanda-tanda tersebut.

Tanda2 mau melahirkan

1.  Muncul Naluri Keibuan

Menjelang melahirkan, naluri keibuan pun akan muncul tanpa disadari. Beberapa di antaranya seperti ingin menyiapkan perlengkapan bayi, suka memasak, dan ciri-ciri naluri keibuan lainnya.

2.  Sakit di Bagian Punggung

Setiap ibu hamil umumnya akan merasakan nyeri di bagian punggung. Hal ini umum terjadi. Kondisi tersebut dikarenakan adanya relaksasi tulang sendi dan ikatan-ikatannya. Rasa sakit ini dihasilkan oleh gerakan bayi yang menekan tulang belakang.

3.  Perubahan Pada Bentuk Tubuh

Menjelang melahirkan biasanya akan banyak terjadi perubahan pada tubuh. Beberapa perubahan tersebut seperti pada bagian payudara yang membesar, tulang kemaluan yang melebar, dan lainnya.

4.  Perut Mengeras

Anda juga akan merasakan terjadinya perubahan pada bagian perut yang terasa mengeras. Ini merupakan cara alami tubuh ibu hamil. Kondisi ini bertujuan agar ibu hamil bisa mendorong bayi turun ke mulut rahim. Selain itu, rasa mulas yang diakibatkan oleh kondisi ini akan membuat perut terasa mengeras.

5.  Muntah

Sepanjang kehamilan, umumnya ibu hamil akan merasa mual dan terkadang muntah. Hal ini juga terus berlangsung hingga menjelang persalinan Kondisi ini terjadi karena efek psikologis karena emosi ibu hamil yang tidak stabil. Selain itu, muntah juga merupakan perpaduan antara rasa nyeri, bersemangat, dan takut.

6.  Keluar Lendir Seperti Keputihan

Bedakanlah antara keputihan dan lendir sebagai tanda melahirkan. Umumnya, lendir pertanda melahirkan akan bertekstur kental. Selain itu, warnanya berwarna bening dan bercampur dengan darah. Jika sudah keluar dan intensitasnya meningkat, maka bisa dikatakan sebagai tanda-tanda akan melahirkan.

7.  Gerakan Bayi Semakin melambat

Sebelum persalinan, ibu hamil akan merasakan adanya perubahan pada gerakan bayi. Si kecil di dalam kandungan akan semakin melambat. Hal ini disebabkan karena bayi sedang mengatur posisi saat akan melahirkan.

8.  Kondisi Psikologis Ibu Hamil Tidak Stabil

Biasanya, semakin dekat waktu melahirkan, psikologis ibu hamil akan mengalami ketidakstabilan. Maka dari itu, dibutuhkan kesiapan mental dan fisik yang matang menjelang proses persalinan. Tidak sedikit juga yang sering ingin menyendiri menjelang melahirkan.

9.  Kepala Bayi Menggeser

Jika bayi sudah mau keluar, maka ibu hamil biasanya akan merasakan bayi menuju ke pintu rahim. Ini menjadi pertanda yang umum dan bisa dirasakan oleh setiap ibu hamil. Jika sudah dalam kondisi ini, maka bayi tidak akan lama lagi keluar.

10.  Merasa Ingin Buang Air Kecil

Ibu hamil akan merasakan dorongan ingin buang air kecil. Bahkan, dorongan ingin sangat kuat dan juga hebat. Kondisi ini terjadi karena bayi mendorong ke bawah.

11.  Pecah Air Ketuban

Tanda ini bisa dikatakan sebagai ciri bahwa beberapa jam lagi bayi akan keluar. Selama dalam kandungan, bayi akan dilindungi oleh cairan ketuban dalam kantung selaput. Nah, pada saat mau keluar, air ketuban ini akan pecah.

12.  Pembukaan

Jika sudah dalam tahap ini, maka bayi tidak akan lama lagi keluar. Kita sudah bisa melihat kepala bayi di pintu rahim. Kondisi ini dinamakan dengan pembukaan. Istilah pembukaan juga ditandai dengan angka dari 1 – 10.

Itulah 12 tanda2 mau melahirkan yang wajib dikenali oleh setiap ibu hamil. Semoga informasi di atas dapat membantu menambah wawasan menjelang proses persalinan.