kadin indonesia
kadin indonesia

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) bekerja sama dengan pemerintah akan terus mengagendakan peningkatan produksi beras komposit. Tujuannya untuk menghadapi lonjakan kebutuhan pangan yang tinggi pada 2030. Oleh karena itu, Pengembangan Industri di Indonesia Sektor Pangan mutlak diperlukan.

Riset Kadin Indonesia menunjukkan, pada 2030 akan terjadi lonjakan penduduk Indonesia sekitar 200 juta jiwa. Penduduk tersebut adalah juga manusia yang pastinya butuh makanan pokok. Jangan sampai Indonesia yang luas lahan pertaniannya malah kekurangan untuk mencukupi kebutuhan beras dalam negeri.

kadin indonesia

Dalam riset tersebut juga tercatat, jumlah penduduk Indonesia akan mengalami kenaikan yang signifikan, yakni sekitar 60 juta orang dalam waktu 16 tahun ke depan. Jika diasumsikan rata-rata konsumsi beras untuk satu penduduk Indonesia sebesar 130 kilo gram per tahun, maka tambahan beras yang harus disiapkan dalam menghadapi lonjakan penduduk di 2030 adalah sekitar 7,8 juta ton beras.

Kadin menegaskan, Pengembangan Industri di Indonesia Sektor Pangan mutlak diperlukan bahkan diseriusi, agar Indonesia tidak menghadapi ancaman kekurangan pangan ketika lonjakan penduduk terjadi. Jangan sampai sejarah kembali mencatat Indonesia melakukan impor beras secara besar-besaran padahal lahan sawah di seluruh Indonesia terbentang luas.

Salah satu tantangan dari pengembangan industri di sektor pangan adalah alih fungsi lahan sehingga produksi beras otomatis berkurang. Lahan pertanian dalam hal ini diubah menjadi perumahan, jalan atau tempat usaha. Makanya, Kadin akan terus berupaya melakukan upaya perlindungan lahan pertanian bersama-sama dengan pemerintah.

Adapun alternatif pemenuhan beras dan pangan jelang 2030 bisa dilakukan dengan sejumlah hal. Di antaranya yakni mengoptimalkan produksi beras komposit. Beras jenis ini bisa dibilang merupakan makanan pokok pengganti beras yang sama-sama punya nilai gizi yang setara.

Dengan Pengembangan Industri di Indonesia Sektor Pangan tertentu, kita bisa membuat beras yang terbuat dari tepung singkong atau tepung jagung. Cara semacam ini diharapkan bisa menghidarkan Indonesia dari kekurangan pangan. Sebab ketika beras sedikit, ada sejumlah makanan pokok pengganti yang berlimpah.

Tentu saja akan ada banyak strategi Pengembangan Industri di Indonesia Sektor Pangan. Maka dari itulah, kerja sama bukan hanya dari dunia usaha dan pemerintah. Tapi juga dari masyarakat yang diharapkan bisa mengurangi ketergantungan pada beras, sebab bisa memanfaatkan alternatif lain semisal jagung, sagu atau gandum.