Estimasi Biaya Bangun Rumah
Estimasi Biaya Bangun Rumah

Menghitung biaya pembuatan rumah merupakan salah satu persiapan yang penting. Pasalnya, dengan menghitung estimasi biaya bangun rumah, Anda akan mengetahui berapa besar biaya untuk kebutuhan pembuatan hunian yang Anda inginkan. Namun, tidak sedikit yang masih salah dalam menilainya.

Nah, di sini, kami akan membantu Anda untuk menghitung estimasi biaya tersebut. Silahkan simak tipsnya berikut ini:

Estimasi Biaya Bangun Rumah
Estimasi Biaya Bangun Rumah

1.  Ukur Luas Lahan

Hal pertama yang harus Anda hitung adalah luas lahan yang akan digunakan untuk membangun rumah. Silahkan hitung terlebih dahulu untuk menentukan estimasi berapa banyak material-material yang dibutuhkan, waktu pengerjaan, dan total biayanya.

Pengukuran ini juga bermanfaat untuk mendapatkan estimasi biaya dalam pembuatannya. Karena, nantinya, untuk mendapatkan total biaya, akan dihitung biaya per meter perseginya.

2.  Biaya Tukang dan Kontraktor

Survey berapa biaya tukang atau kontraktor yang akan menangani pembuatan rumah Anda. Silahkan jumlahkan berapa kebutuhan biaya untuk tukang dan kontraktor tersebut. Tujuannya agar Anda bisa mengestimasikan total biaya keseluruhan.

Untuk mengetahuinya, Anda harus menyurvey terlebih dahulu kepada pihak terkait. Tanyakan berapa total biaya yang mereka tawarkan.

3.  Buat List dan Survey Harga Material

Ada banyak sekali material dalam pembuatan rumah. Mulai dari pasir, semen, kayu, batu-bata, dan masih banyak lainnya. Silahkan Anda buat daftar apa saja material yang dibutuhkan saat membuatnya. Setelah itu, survey harga-harganya.

Untuk mensurvei harga semua material, Anda bisa mencarinya di toko material terdekat. Anda juga bisa mensurvei harga-harga dari satu toko ke toko lain untuk mendapatkan penawaran yang cocok.

4.  Jumlahkan Total Biaya

Silahkan Anda totalkan berapa jumlah biaya mulai dari biaya tukang atau kontraktor, biaya kebutuhan material, dan lain-lain. Untuk mendapatkan estimasi yang tepat, Anda juga bisa merundingkannya dengan kontraktor terkait.

Meskipun tidak akan 100% tepat, namun, estimasi ini bisa Anda jadikan sebagai gambaran untuk mendapatkan berapa jumlah biaya yang nantinya akan dikeluarkan untuk pembuatan rumah.

Nah, itulah beberapa tips yang penting untuk diperhatikan saat pembuatan rumah. Estimasi biaya bangun rumah merupakan salah satu hal penting yang nantinya akan bermanfaat dalam penjumlahan total biaya yang harus disiapkan. Jangan lupa untuk memilih semen Tiga Roda sebagai solusi semen terbaik harga terjangkau.