warna berlian terbaik
warna berlian terbaik

Berlian merupakan batuan alami yang memiliki nilai jual yang tinggi daripada batuan lainnya di dunia. Selain mahal, berlian juga memiliki pesona nya sendiri. Harganya juga sangat variatif bergantung pada faktor pembentukan dari berlian tersebut. Mulai dari potongan, karat, kejernihan, dan juga warna berlian terbaik terkadang bergantung pada siapa yang membeli atau menggunakannya. Kemewahan ini membuat banyak orang sangat menginginkan batu mulia satu ini.

Kepemilikan berlian sering dianggap menjadi sebuah lambang kekuatan dan kekuasaan seseorang. Maka tidak heran banyak orang dengan harta yang berlebih memiliki banyak perhiasan dan berlian, selain digunakan sebagai bagian dari fashion tapi bisa juga dimanfaatkan sebagai investasi jangka panjang. Perhiasan berlian ini tidak hanya bisa dimiliki oleh kalangan atas, melainkan dapat dimiliki oleh setiap orang.

warna berlian terbaik

Tapi dari berbagai macam berlian yang pernah kamu lihat, ada beberapa berlian dengan harga termahal di dunia. Berikut ulasannya agar kamu tidak lagi penasaran.

1.De Beers Centenary Diamond (Rp 1,4 triliun)

Dengan berat sebesar 273,85 karat, berlian ini merupakan berlian terbesar ketiga dari Premier Mine yang juga merupakan perusahaan yang memproduksi berlian Cullinan. Selain itu dapat dikatakan bahwa berlian ini memiliki warna berlian terbaik dengan warna beningnya. Pada dasarnya berlian De Beers Centenary Diamond ini merupakan berlian mentah dengan berat sebesar 599 karat dengan tingkatan warna D.

2. The Hope Diamond (Rp 4,9 triliun)

Berlian berwarna biru yang satu ini ditemukan di India sekitar tahun 1600 dan nama Hope ini diambil dari nama pemiliki pertama dari berlian ini. Sampai saat ini The Hope Diamond ini sudah 22 kali berpindah tangan hingga akhirnya disimpan di meseum Smithsonian pada tahun 1958 dengan asuransi sebesar Rp 3,5 triliun.

3. The Cullinan (Rp 5,6 triliun)

Selanjutnya ada berlian The Cullinan yang merupakan premier nomor 2 yang ditemukan di Cullinan, Afrika Selatan dan berlian ini merupakan berlian di dunia dengan potongan paling rapi.

Berlian mentah dari berlian The Cullinan ini sendiri memiliki berat sebesar 3.106,7 karat atau sekitar 621,35 gram. Mentahan dari berlian ini juga menghasilkan 9 berlian lainnya yang berada di mahkota United Kingdom.

4. The Sancy Diamond (priceless

Berlian satu ini memiliki warna kuning pucat dengan bentuk tameng. Selain itu, The Sancy Diamon dini disebut sebagai berlian dengan warna berlian terbaik. Dan berlian ini merupakan salah satu berlian yang memiliki nilai sejarah yang sangat besar di Eropa. Secara turun temurun berlian ini sebelumnya pernah digunakan oleh raja-raja United Kingdom, dan kemudian hilang saat revolusi Prancis.

Berlian ini tidak hilang sepenuhnya, namun sering berpindah-pindah kepemilikannya, sempat menghilang dari permukaan, sampai ditemukan kembali. Kemudian akhirnya The Sancy Diamond ini ditempatkan di galeri Apollo.

5. The Kooh-I-Noor (priceless)

Nama berlian ini berasal dari bahasa Persia yang berarti gunung cahaya. Awal mentahan berlian ini memiliki berat dengan besar sekitar 105,6 karat yang kemudian dipotong oleh pangeran Albert sehingga menjadi 86 karat untuk meningkatkan kemilau cahaya dari berlian ini.

Namun, berlian ini memiliki mitos yang cukup mengerikan tapi menarik untuk dibahas. Konon katanya ada kepercayaan bahwa berlian ini akan membawa petaka pada pemiliknya siapapun itu. Karena fakta juga menyebutkan bahwa hampir setiap orang yang memiliki berlian ini pasti mengalami kesialan.

Tapi saat ini berlian The Kooh-I-Noor ini ditempatkan dan disimpan di HM Tower London. Kemudian berlian ini menjadi salah satu berlian yang paling menarik perhatian sehingga menjadi berlian yang belum bisa diestimasi harganya.