cara mengatasi gatal alergi

Beberapa tahun pertama kehidupan seorang anak membuat stres bagi orang tua. Dan alergi lebih menakutkan daripada penyakit. Reaksi alergi dapat menyerang anak Anda dan seringkali muncul sebagai kejutan. Orang tua baru mungkin mendapati anak-anak memiliki alergi yang sama seperti orang tua. Namun terkadang manusia memiliki cara mengatasi gatal alergi yang bisa mengejutkan Anda.

Reaksi alergi terjadi ketika sistem kekebalan Anda bereaksi terhadap sesuatu yang tidak mengganggu sebagian besar orang. Alergen yang paling umum adalah debu, spora jamur, bulu hewan peliharaan, serbuk sari, sengatan serangga, makanan, dan beberapa obat. Sebagian besar gejala reaksi alergi adalah bersin, pilek, ruam, atau gatal-gatal. Tapi ada gejala lain seperti bengkak dan mengi. Mereka membutuhkan perhatian medis segera. Lebih baik Anda tidak mencoba merawatnya sendiri.

Mengi dan bengkak lebih baik diobati dengan suntikan alergi. Anda bisa mencari tahu apa yang menyebabkannya nanti. Pembengkakan mungkin bukan masalah serius. Namun bila bagian luar tubuh seperti telinga dan bibir membengkak, Anda tidak tahu apakah organ dalam juga ikut membengkak. Dan Anda tidak dapat mengharapkan seorang anak (terutama saat dalam kesusahan) untuk menjelaskan gejala secara rinci atau akurat.

Penting bagi Anda untuk melacak apapun yang dimakan anak Anda. Faktanya, cobalah untuk mencatat apa yang dia makan dan kapan dia makan setiap hari. Ini akan membantu Anda mengidentifikasi alergi yang mungkin disebabkan oleh makanan. Namun, gejala kecil seperti ruam dan bersin dapat diobati dengan pengobatan alami untuk alergi anak. Nenek Anda dan orang desa memiliki bakat khusus untuk mengobati alergi dengan pengobatan rumahan. Berikut adalah beberapa cara mengatasi gatal alergi yang alami dan paling efektif.

G:\ARTIKEL INDO\MEI 2021\SUSAN PROJECT\Ideoworks Mei 2021\Ideoworks Mei 2021 - NUTRICIA minggu 3 dan 4\cara mengatasi gatal alergi 2.jpg
cara mengatasi gatal alergi

1. Nanas

Jika anak Anda menunjukkan gejala asma karena alergi debu atau alergi serbuk sari, minta dia minum jus nanas. Karena manis, anak-anak cenderung tidak menolak. Nanas dikenal memiliki kandungan vitamin C yang tinggi yang sangat bagus untuk sistem kekebalan tubuh. 

Tapi bukan itu alasan kita minum jus nanas sekarang. Di dalam nanas terdapat kandungan enzim yang disebut dengan bromelain dan memiliki sifat anti-inflamasi. Ini akan mengurangi peradangan berbahaya. Pengobatan Timur telah bergantung pada bromelain untuk meningkatkan pernapasan dan mengurangi pembengkakan. Ingatlah bahwa peradangan adalah respon tubuh terhadap zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh. Ini adalah salah satu pengobatan alami yang mudah dilakukan untuk alergi anak-anak.

2. Bawang Merah Dan Bawang Putih

Terkadang, alergi yang dipicu oleh debu atau serbuk sari akan menyebabkan hidung meler dan sering bersin. Ini bisa membuat stres bagi anak-anak karena dapat menyebabkan sakit kepala dan sakit tenggorokan. Anak-anak bahkan mungkin kesal dengan hidung yang sakit karena terus-menerus mengusap. Histamin ada di balik reaksi ini. Ini adalah bahan kimia yang diproduksi oleh beberapa sel ketika sistem kekebalan memulai reaksi berantai. 

Anak akan terus mengalami gejala alergi selama histamin berada dalam aliran darah. Namun, ada obat alami yang mudah untuk mengatasi alergi ini. Bawang merah dan bawang putih memiliki bahan kimia yang disebut quercetin yang merupakan antihistamin. Anda cukup makan bawang merah dan bawang putih untuk meredakan gejalanya.

3. Teh Jelatang Hangat

Ya, daunnya memang berbau menyengat dan bisa mengganggu Anda sampai tingkat kesakitan. Tapi jelatang memiliki khasiat obat yang bagus. Anda dapat terus menggunakan tablet jelatang setelah berkonsultasi dengan dokter anak Anda. Tetapi jika Anda tidak memiliki tablet, Anda bisa membuat teh dengan itu. 

Ini adalah salah satu solusi alami termudah untuk cara mengatasi gatal alergi anak-anak. Jelatang memiliki sejumlah kecil histamin yang akan membuat tubuh Anda toleran terhadap reaksi. Anda bisa dengan cepat menyeduh teh dengan daunnya. Namun, minumlah teh hanya saat Anda merasa rentan terhadap reaksi alergi. Minum teh jelatang atau mengkonsumsi tablet jelatang dalam jangka panjang dapat menyebabkan penipisan kalium dalam tubuh.