resep makanan bayi 6 bulan yang bergizi

3 Resep Makanan Bayi 6 Bulan yang Bergiz

Bayi yang baru lahir mendapatkan asupan nutrisi melalui ASI atau Air Susu Ibu. Namun menginjak usia 6 bulan, si Kecil membutuhkan kalori lebih banyak sehingga membutuhkan makanan pendamping ASI atau MPASI. Pengenalan makanan pada bayi usia 6 bulan tidak boleh dilakukan sembarangan.

Agar mudah ditelan, berikan makanan yang memiliki tekstur lunak. Perhatikan juga nilai gizi yang terkandung di dalam makanan sehingga bisa memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil. Berikut ini ada 3 resep makanan bayi 6 bulan yang bergizi dan cocok untuk Anda coba:

resep makanan bayi 6 bulan yang bergizi
resep makanan bayi 6 bulan yang bergizi

Puree Alpukat dan Pisang

Resep yang pertama adalah puree alpukat dan pisang. Bahan yang dibutuhkan di antaranya yaitu 1 buah pisang ambon yang sudah matang, setengah buah alpukat, serta ASI secukupnya. Langsung kupas buah pisang yang sudah disiapkan dan ambil bagian dalam buah alpukat. Selanjutnya haluskan dengan blender atau alat lainnya. Tambahkan ASI agar tekstur dari puree lebih lembut dan mudah dicerna.

Puree Mangga dan Pisang

Resep makanan bayi 6 bulan yang bergizi selanjutnya adalah puree mangga dan pisang. Caranya hampir sama dengan jika Anda membuat puree alpukat dan pisang. Siapkan 1 buah pisang matang, 1 buah mangga kecil, dan ASI secukupnya. Lembutkan dengan food processor atau blender hingga lembut. Tambahkan ASI agar tekstur semakin lembut. Apabila tidak bisa menggunakan ASI, Anda bisa menggunakan air.

Puree Ubi Kuning

Puree ubi kuning bisa menjadi pilihan apabila Anda ingin memberikan makanan lain pada si Kecil. Resep ini bisa digunakan untuk 2 porsi dengan kalori per porsi sebanyak 80 kalori. Siapkan 50 gram ubi kuning lalu cuci, kupas, dan potong kecil. Kukus ubi hingga matang lalu haluskan dengan 100 ml air yang digunakan untuk mengukus tadi. Tambahkan ASI secukupnya lalu campur hingga merata.

Itulah 3 resep makanan bayi 6 bulan yang bergizi sehingga bisa mendampingi pemberian ASI atau Air Susu Ibu. Selain resep di atas, Bunda juga bisa memberikan Nestle CERELAC Bubur Sereal Susu pada si Kecil.

Ada banyak pilihan rasa yang tersedia mulai dari bayam dan labu hingga susu pisang. Lebih lengkapnya mengenai produk Nestle CERELAC Bubur Sereal Susu bisa Anda lihat di website cerelac.co.id