Apa saja pengetahuan dasar yang harus dikuasai seseorang untuk melanjut  kuliah di jurusan Teknik Informatika ? - Quora

Cepatnya perkembangan teknologi membuka peluang kerja yang besar di bidang IT. Atas alasan itu pula jurusan teknik informatika banyak diminati oleh siswa yang baru lulus SMU. Selain prospek pekerjaan yang lebih luas, ada banyak lagi hal lain yang bisa menjadi pertimbangan. Hal tersebut mampu menjadi faktor penentu ketika kamu menjalani kuliah.

Banyak mahasiswa teknik informatika yang mampu membiayai kuliah sendiri. Mereka tidak lagi mengharapkan uang bulanan dari orang tua. Pasalnya kuliah di sini pun mampu menambah uang saku. Misalnya dari mengikuti berbagai lomba-lomba atau sebagai freelance. Meski hanya freelance, penghasilan yang didapat cukup memuaskan. Bahkan bisa ditabung untuk keperluan lain. 

4 Pertimbangan Sebelum Memilih Jurusan Teknik Informatika

Perkembangan teknologi membuat banyak calon mahasiswa memilih untuk kuliah di jurusan teknik informatika. Namun sebelum Anda memutuskan untuk mengambil jurusan tersebut, pertimbangkan dulu dengan seksama. Jangan sampai karena hanya mengikuti teman, Anda justru salah pilih jurusan. Yuk cek 4 hal yang harus diperhatikan sebelum memilih jurusan kuliah.

Punya Keinginan Masuk Prodi Teknik Informatika? Simak 5 Hal yang Perlu  Dipersiapkan

Minat dan Bakat

Hal paling utama yang harus diperhatikan adalah mempertimbangkan minat dan bakat . Dua hal ini memiliki peranan penting ketika menjalani kuliah nanti. Terutama pada saat harus beradaptasi dengan kehidupan di perguruan tinggi. Bila minat dan bakat sudah sesuai, maka kuliah di teknik informatika pasti sangat menyenangkan.

Orang yang paling cocok dengan jurusan ini biasanya memiliki minat tinggi terhadap perkembangan teknologi. Serta sangat menyukai matematika. Namun jika lebih menyukai sastra, tentu akan kesulitan dalam mengikuti mata kuliah yang diajarkan. Jadi pastikan dulu telah sesuai dengan minat dan bakat yang kamu miliki. 

Tujuan Utama

Tentukan dulu apa tujuan ketika ingin masuk ke teknik informatika tersebut. Jangan hanya karena teman-teman mengambil jurusan itu, Anda juga tidak mau kalah. Namun jika alasan Anda karena keinginan sendiri dengan landasan yang kuat,maka teruskanlah. Niat yang kuat membuat keinginan untuk terus mengikuti pelajaran sampai akhir menjadi lebih pasti. 

Berbeda jika memilih jurusan hanya karena mengikuti teman. Saat kuliah dirasakan terlalu sulit atau tidak sesuai dengan minat. Maka akan memberi tekanan besar bahkan bisa menyebabkan stress. Hal ini akan berujung pada kuliah yang terbengkalai karena merasa salah pilih. 

Siap Untuk Selalu Up To Date

Mahasiswa teknik informatika harus selalu mengikuti perkembangan terbaru di dunia teknologi. Software atau bahasa pemograman selalu diperbarui setiap tahunnya. Jadi jika Anda ingin kuliah di sini, jangan segan untuk terus mengikuti perkembangan teknologi. 

Lalai dalam mengikuti perubahan pada bahasa pemograman akan membuat proses kuliah menjadi lebih sulit. Begitu pula ketika menghadapi dunia kerja nanti. Persiapkan diri untuk selalu sigap dalam menghadapi perubahan. Agar tidak mengalami kesulitan besar nantinya. 

Mampukah Terus Bertahan

Sebagaimana yang diketahui, tugas pada teknik informatika cukup sulit dikerjakan. Kebanyakan mata kuliah nanti akan membahas tentang matematika dan logika. Belum lagi tugas yang diberikan tersebut memakan banyak waktu dalam pengerjaannya. 

Jadi pastikan dulu sanggupkah Anda menjalani kehidupan masa kuliah yang cukup berat? Dimana waktu untuk berkumpul bersama teman menjadi terpangkas habis. Waktu akan lebih banyak dihabiskan dengan menghadapi komputer sampai semua tugas selesai. 

Jika keempat hal tersebut sudah Anda pertimbangkan dengan masak dan sudah siap dengan semua konsekuensinya. Maka Anda sangat cocok untuk kuliah di jurusan teknik informatika. Persiapkan diri dari sekarang agar bisa masuk ke kampus pilihan.