kurma bagi ibu menyusui

Ibu hamil dan menyusui merupakan kondisi wanita dengan fisiologis khusus. Dalam kondisi tersebut makanan dan kesehatan harus sangat diperhatikan karena berpengaruh pada tumbuh kembang bayi. Untuk ibu yang sudah melahirkan misalnya, ternyata kurma bagi ibu menyusui sangat bagus. Sesuatu yang mungkin jarang Anda praktekkan.

Kurma ini bisa saja Anda konsumsi dalam bentuk seperti biasa. Dimakan sebagai makanan selingan dari konsumsi utama. Apalagi ibu menyusui sering kali merasa lapar. Iya bukan?

kurma bagi ibu menyusui
kurma bagi ibu menyusui

Selain dalam bentuk buahnya, kurma juga dikonsumsi dalam bentuk sari kurma. Diambil sarinya yang diolah seperti jus buah. Namun, Anda tidak perlu repot membuatnya. Di pasaran kini banyak produk sari kurma dengan berbagai merek.

Manfaat kurma selain untuk makanan yang disunahkan bagi umat Islam

Meningkatkan Produksi ASI

Masalah utama ibu yang menyusui adalah ASI yang sedikit dan kurang lancar. Padahal, ASI eksklusif hingga bayi berusia 6 bulan sangat dianjurkan karena banyak bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi

Jangan khawatir, dengan konsumsi makanan bergizi, khususnya sayuran hijau yang berserat dan satu sampai 3 kurma sehari akan membantu Anda mengatasinya.

Meningkatkan Daya Tahan Ibu

Kondisi ibu menyusui yang harus mengurus bayi, memberi ASI, dan sekaligus mengurus rumah tangga sangat rentan.; Berbagai penyakit dengan mudah hinggap karena mungkin saja daya tahan tubuh berkurang.

Dengan konsumsi kurma bagi ibu menyusui ini juga dapat diatasi. Kurma mengandung senyawa tanin dan enzim penghancur racun yang sekaligus berfungsi sebagai anti oksidan dan anti virus. Ibu yang sehat juga akan membuat bayi lebih sehat. 

Membantu Menurunkan Berat Badan

Pada dasarnya wajar jika ibu yang hamil hingga menyusui mempunyai berat badan yang sedikit berlebih. Namun, Anda pasti ingin segera membuat badan kembali normal tetapi bayi tetap sehat.

Konsumsi kurma, jika ada sari kurma, sebagai pengganti camilan sangat bagus. Kamu berarti sudah mengurangi kolesterol dan karbohidrat yang menyumbang kelebihan berat badan. Konsumsi kurma dapat menurunkan berat badan secara bertahap tanpa diet khusus.

Mengembalikan Energi Setelah Melahirkan

Kurma memang mengandung banyak kalori yang menghasilkan energi. Ini sudah diakui dari berbagai penelitian yang ada.

Oleh karena itu, orang yang sedang dalam masa pemulihan sakit dianjurkan untuk konsumsi kurma. Begitu pula dengan ibu pasca melahirkan. Mereka yang telah mengeluarkan banyak energi saat melahirkan akan lebih cepat pulih.

Mencegah Anemia

Ibu hamil dan menyusui kerap mengalami anemia. Badan mudah lesu dan lemah. Padahal bayi membutuhkan Anda.

Konsumsi kurma dapat mengatasi masalah anemia terutama karena kekurangan zat besi. Selain itu, kurma juga mengatasi masalah pencernaan yang kerap menghampiri dengan kandungan seratnya.

Itulah 5 manfaat kurma bagi ibu menyusui. Ternyata kurma tidak hanya baik untuk orang yang sakit dan menjadi makanan berbuka saat puasa ya? Yuk mencobanya!