Cara Mengetahui Jadwal Buka Puasa Hari Ini
Cara Mengetahui Jadwal Buka Puasa Hari Ini

Umumnya jadwal buka puasa hari ini sudah tercantum dalam jadwal sholat di masjid, tepatnya pada waktu sholat maghrib. Adzan maghrib berkumandang, itu artinya Anda sudah bisa berbuka puasa. Spesial bulan ramadhan tahun ini, kami akan memberikan informasi seputar cara paling sederhana mengetahui jadwal berbuka puasa selama satu bulan penuh agar tidak terlewatkan.

1. Dari Selebaran atau Flyer

Bulan ramadhan biasanya dimanfaatkan oleh sebagian perusahaan percetakan dalam mempromosikan jasanya. Salah satu yang mereka lakukan adalah dengan menyebarkan jadwal buka puasa hari ini secara lengkap, yaitu lewat selebaran atau flyer yang disebar di masjid atau mushola. Dalam selebaran tersebut, terkadang selalu diselipkan link download jadwal buka puasa 2019 khusus yang dimuat di website mereka.

Cara sederhana mendapatkan jadwal buka puasa ini bisa Anda manfaatkan dengan baik. Templkan selebaran tersebut di daerah atau tempat paling strategis di rumah Anda. Jika tidak ingin terlewatkan, kami sarankan tampilkan saja di dekat jam dinding. Bagaimana kalau selebaran tersebut sudah habis? Ada dua cara, pertama mintalah ke teman Anda selebaran yang aslinya, kemudian foto copy. Kedua, coba download di link yang tersedia di selebaran tersebut dan cetak dengan ukuran kertas sesuai keinginan Anda sendiri.

2. Dari Suara Adzan

Solusi jika Anda tidak mempunyai selebaran jadwal buka puasa, yaitu dengan cara mendengarkan adzan maghrib. Cara ini paling sederhana dan akurat, karena adzan terdengar di masjid di sekitar tempat tinggal Anda. Mungkin Anda bisa meluangkan waktu untuk menghadiri acara buka bersama di masjid dan itu cara yang sangat simple untuk lebih tepat mengetahui jadwal buka puasa setiap harinya. Bagaimana jika kebetulan Anda tidak tinggal di perkotaan dan tidak mendengar adzan langsung dari masjid? Solusinya, cukup mengandalkan jadwal buka puasa di aplikasi smartphone, radio, maupun televisi.

3. Melihat Perpindahan Warna Senja

Mungkin cara ini sudah lama dilakukan oleh orang islam zaman dulu termasuk di zaman Rasulullah SAW. Jika kebetulan Anda sedang bepergian atau musafir dan tidak mengetahui waktu buka puasa, maka cara sederhana yang bisa Anda lakukan adalah dengan melihat perpindahan warna senja. Untuk cara ini Anda harus mempelajarinya lebih mendalam, karena tidak semua orang mengetahui cara yang paling spesifiknya.

4. Bertanya pada Orang Disekitar Anda

Mungkin Anda sedang melakukan perjalanan ke luar kota, entah itu naik bus atau naik pesawat. Jika selama perjalanan tersebut Anda masih berpuasa, maka untuk mengetahui jadwal buka puasa pada hari itu Anda bisa bertanya pada orang yang ada di samping. Apabila Anda sedang naik pesawat, coba tanyakan saja pada pramugari, apakah sudah waktunya berbuka puasa atau belum. Biasanya seorang pramugari sudah dibekali dengan ilmu tata surya dan ia lebih tahu kapan waktu maghrib tiba saat berada di pesawat. Tetapi, untuk mengantisipasi hal tersebut, Anda sudah harus tahu alternatif lain agar tidak mengandalkan orang lain. Alternatif tersebut berupa ilmu tata surya yang wajib Anda pahami, lewat aplikasi di smartphone, dan lain-lain.

Dari beberapa cara sederhana mengetahui jadwal buka puasa hari ini seperti halnya yang disinggung di atas, mungkin salah satunya bisa Anda sesuaikan dengan kondisi dan situasi yang Anda alami saat itu.

Demikian yang bisa kami jelaskan, semoga bermanfaat!