kalkulator deposito

Investasi tidak hanya bisa dilakukan oleh mereka yang telah memiliki pengalaman saja, Anda yang belum berpengalaman juga bisa melakukan investasi. Karena setiap jenis investasi memiliki risiko maka Anda yang belum berpengalaman disarankan untuk memilih instrumen investasi yang rendah risiko seperti deposito.

Akan tetapi ada satu hal penting yang perlu dilakukan sebelum mendepositokan uang yaitu menghitung keuntungan dengan kalkulator deposito. Kalkulator tersebut berguna untuk menghitung berapa besar suku bunga yang bisa Anda dapatkan setelah dipotong pajak.

Jadi Anda bisa memprediksi di awal apakah investasi yang akan dilakukan menguntungkan atau tidak. Sebelum mengetahui cara menggunakan kalkulator tersebut, ketahui juga keuntungan investasi deposito berikut ini:

kalkulator deposito
Kalkulator deposito

Keuntungan Investasi Deposito

Deposito merupakan salah satu produk simpanan dari bank namun sedikit berbeda dengan tabungan biasa. Pasalnya tabungan ini memiliki jangka waktu pengambilan yang telah ditetapkan sebelumnya. Anda bisa terkena denda apabila mengambil uang sebelum tanggal jatuh tempo. 

Namun keuntungannya, produk ini memiliki suku bunga tinggi hingga dimasukkan ke dalam instrumen investasi. Ada beberapa kelebihan apabila Anda mendepositokan uang yang dimiliki, berikut di antaranya:

  • Investasi yang aman

Deposito adalah instrumen investasi yang aman karena telah dijamin sepenuhnya oleh Lembaga Penjamin Simpanan atau LPS. Dengan jaminan yang ada maka uang yang didepositokan tetap aman meskipun bank tempat mendepositokan uang mengalami kebangkrutan.

Selain itu, nilai pokok uang yang disetorkan juga tetap aman dan terjaga. Hal tersebut berbeda dengan investasi lain seperti obligasi dan saham yang mana memiliki risiko terhadap nilai pokok.

  • Bunga deposito bisa digunakan

Dana yang didepositokan memang tidak boleh diambil kapan saja dibutuhkan. Apabila Anda mengambil sebelum jangka waktu habis maka bisa dikenakan sanksi. Namun tenang saja, beberapa bank di Indonesia memberikan kemudahan untuk mengakses bunga deposito.

Jadi uang pokok Anda memang tidak bisa diambil namun bunga bisa diambil. Biasanya Anda diperbolehkan untuk mentransfer bunga ke nomor rekening yang diinginkan. Dengan begitu Anda juga bisa mendapatkan keuntungan rutin dari deposito.

  • Risiko kerugian kecil

Risiko kerugian merupakan salah satu kekhawatiran investor pemula. Pasalnya beberapa jenis investasi memang membutuhkan pengalaman agar bisa mendapatkan keuntungan. Namun deposito ini terbilang rendah risiko sehingga cocok untuk investor pemula. Selain Lembaga Penjamin Simpanan yang menjaga keamanan dana Anda dari penyelewengan, uang juga akan terlindungi dari fluktuasi pasar. 

Cara Menggunakan Kalkulator

Menghitung suku bunga dari deposito ternyata tidak sesederhana yang Anda bayangkan. Pasalnya ada hal-hal yang berpengaruh pada besar suku bunga seperti jangka waktu serta pajak. Rumus untuk menghitung besar suku bunga sendiri yaitu Besar Bunga x Dana Pokok x 30 hari x 80% (pajaknya) x 365 hari. Pajak tersebut hanya dikenakan pada dana deposito di atas Rp7,5 Juta.

Selain menggunakan cara manual di atas, Anda juga bisa menghitung suku bunga dengan kalkulator deposito online. Dengan aplikasi tersebut, Anda tinggal memasukkan data yang diminta kemudian sistem akan menghitungnya. Kalkulator online bisa Anda temukan dengan mudah melalui internet.

Itulah informasi mengenai keuntungan investasi dengan deposito dan cara menggunakan kalkulator deposito dengan mudah. Kemajuan teknologi saat ini menghadirkan kemudahan dalam investasi deposito di mana investasi bisa dilakukan secara online.

Bank Sinarmas menghadirkan produk deposito online yang memudahkan Anda. Selain mudah karena secara online, nominal penempatan awal juga ringan yaitu mulai dari Rp500.000. Simak informasi selengkapnya mengenai deposito online dari Bank Sinarmas ini melalui website resmi yaitu banksinarmas.com.