Bagi anda yang pernah mengalami telapak kaki terasa panas dalam jangka waktu yang lama harus segera periksakan ke dokter. Apalagi jika anda sering berada di ruang AC namun telapak kaki tetap terasa panas. Gejala telapak kaki panas pertanda adanya kerusakan saraf kaki atau yang dikenal dengan neuropati. Ada neuropati akibat komplikasi dari diabetes tipe 1 dan tipe 2. Untuk neuropati yang disebabkan oleh diabetes dikenal dengan nama neuropati diabetic. Selain rasa panas, kaki juga akan terasa mati rasa, bengkak dan seperti tertusuk-tusuk. Selain diabetes telapak kaki terasa panas juga bisa terjadi karena terjangkit penyakit ginjal kronis, penyakit ini dikenal juga dengan nama uremia. Penyakit ini terjadi karena akibat dari kerusakan ginjal yang tidak bisa mengeluarkan racun dari dalam tubuh melalui urin. Penyakit ini akan menyebabkan neuropati yang akan membuat telapak kaki terasa panas.

Penyebab lainnya adalah Hipotiroid, yaitu tubuh menghasilkan hormone tiroid rendah dan akan mengalami mati rasa atau kesemutan, nyeri dan rasa panas di kaki. Hormon tiroid yang rendah juga bisa menyebabkan kerusakan saraf. Telapak kaki terasa panas juga bisa menjadi tanda seseorang sudah menginjak usia menopause. Penyakit lainnya adalah adanya infeksi jamur, sebagian besar penyakit ini diderita oleh para atlit. Penyebab lainnya adalah vasculitas, yaitu penyakit yang menyebabkan kesemutan di area kaki hal ini disebabkan oleh darah yang tidak mengalir lancar. Jika dibiarkan terus menerus maka akan mengakibatkan kerusakan jaringan. Seorang wanita yang hamil juga bisa mengakibatkan kaki panas dan kesemutan. Dan masih banyak lagi penyakit lainnya yang bisa menjadi penyebab kaki panas.
Bagi anda yang sering mengalami telapak kaki panas, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Namun anda juga bisa mengatasinya dengan menggunakan obat alami. Berikut ini adalah pengobatan alami yang bisa anda coba untuk pengobatan telapak kaki panas :

• Menggunakan kunyit
Kunyit dikenal sebagai obat tradisional yang ampuh untuk berbagai penyakit, bahkan kunyit dikenal juga sebagai bumbu masakan. Kunyit berfungsi untuk memperlancar aliran darah juga mampu mengatasi peradangan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal anda bisa menggunakannya dengan cara menyiapkan bubuk kunyit terlebih dahulu, tambahkan air secukupnya sehingga membentuk pasta dan balurkan ke telapak kaki yang panas. Cara lainnya adalah dengan menyeduh bubuk kunyit dengan menggunakan air panas, kemudian konsumsi 2 hingga 3 kali dalam satu hari.

• Air dingin
Bahan satu ini sangat mudah untuk ditemukan, cara mengaplikasikannya adalah dengan merendam kaki di air dingin. Selain menghilangkan kaki yang terbakar juga bisa menghilangkan pegal pada kaki. Silahkan tuangkan air ke dalam bioskop, tambahkan es batu dan biarkan mencair dan rendamkan kaki anda kedalam bioskop.

• Air hangat
Air hangat juga bisa dijadikan sebagai cara untuk mengatasi kaki telapak panas. Sama seperti air dingin anda cukup rendamkan diri ke baskom yang sudah ada rendaman air hangat. Sangat cocok digunakan untuk telapak kaki panas akibat otot tegang, akibat trauma, dan masalah peredaran darah.,

• Garam Inggris
Telapak kaki yang panas juga bisa diatasi dengan menggunakan garam inggris. Cara menggunakannya sangat mudah sekali, yaitu dengan merendam kaki selama 15 hingga 20 menit hingga pegal dan panas yang terjadi pada kaki akan hilang.

• Thyme
Merupakan dedaunan herbal yang bisa dimasak dan sekaligus dijadikan sebagai obat untuk menghilangkan rasa panas telapak kaki. Cara menggunakannya sangat mudah, yaitu dengan mengambil segenggam daun tyme kemudian rendam di mangkok. Siapkan dua bak air untuk merendam kaki. Isi satu bak dengan air dingin dan isi juga satu bak dengan air hangat. Tuangkan rendaman dari tyme pada masing-masing bak. Rendamlah kaki selama 3 hingga 5 menit di air dingin dan ganti ke air yang hangat.

• Cuka apel
Cuka apel juga bisa dijadikan sebagai obat alami untuk menghilangkan telapak kaki yang panas., Cara menggunakan cuka apel ini cukup mudah, yaitu dengan dengan mencampurkannya dengan air hangat, kemudian konsumsi setiap hari hingga rasa panas di kaki menghilang. Bisa juga dengan memberikan dua sendok makan cuka apel kedalam bak air panas, tambahkan sedikit garam inggris dan rendam kaki selama 20 menit. Lakukan dua kali dalam satu hari hingga sembuh.

• Pare
Sayuran satu ini memiliki rasa yang sangat pahit, ternyata anda bisa memanfaatkannya dijadikan obat alami untuk telapak kaki yang terasa panas. Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu dengan menggiling beberapa buah pare hingga halus berbentuk pasta. Oleskan pasta pare tersebut pada area kaki yang panas setiap hari hingga panas kaki hilang.

Selain menggunakan cara di atas anda juga bisa mengatasi kaki panas dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung folat, vitamin B 12, vitamin B6 dan lainnya yang dibutuhkan. Salah satu vitamin obat yang bisa anda konsumsi adalah Neurobion. Obat ini memiliki kandungan vitamin Kompleks yang sangat cocok untuk mengatasi telapak kaki yang panas.