Ingin memelihara kucing anggora yang menggemaskan? Simak dulu tips cara merawat kucing anggora yang benar. Baca informasinya di web kami sekarang!

Cara Merawat Kucing Anggora – Sahabat, apakah kamu ingin memelihara kucing? Jika iya, maka kucing anggora adalah pilihan yang tepat.

Selain kucing ini memiliki bentuk yang menggemaskan, jenis anggora tidak semalas kucing persia sehingga dapat diajak beraktivitas, seperti dikutip dari JendelaHewan.com.

Kucing anggora atau yang disebut juga turkish cat adalah ras kucing yang berasal dari Turki. Jenis kucing ini memiliki bulu panjang tetapi tidak terlalu mengembang seperti kucing persia. Bulu pada ekor yang menyerupai kemoceng dan bulu pada leher yang menyerupai syal adalah ciri utamanya.

Wajah kucing ini sebenarnya menyerupai kucing kampung. Namun, gerakannya lebih jinak dan suaranya pun tidak terlalu keras. Karena itulah banyak orang lebih memilih jenis ini untuk dipelihara.

Daftar peralatan yang harus disiapkan sebelum membeli kucing:

Namun, sebelum membeli kucing anggora, kamu harus memperhatikan apa-apa yang diperlukan agar tidak salah memahami cara merawat kucing anggora. Beberapa benda harus kamu beli sebelum kucing itu dibeli, beberapa barang yang lain justru harus dibeli jika kucing sudah ada.

Beberapa perlengkapan yang harus kamu miliki sebelum membeli kucing adalah sebagai berikut:

1.         Kandang dan pet carrier untuk rumah dan tempat bepergian

2.         Tempat makan dan tempat minum

3.         Litter box atau kotak wadah pasir. Ditambah dengan serokan dan saringan jika perlu.

4.         Pasir khusus untuk buang air kucing

5.         Sisir bulu

6.         Lint rolling. Benda ini gunanya untuk membersihkan bulu kucing di baju kamu

7.         Handuk dan hair dryer

8.         Sikat gigi kucing

Daftar peralatan yang harus disiapkan setelah membeli kucing

Nah, jika kucing sudah terbeli, maka selanjutnya benda-benda yang sebaiknya kamu beli setelah kucing ada, yaitu:

1.         Makanan kucing. Dalam membelikan makanan kucing, kamu harus tahu apa merek makanan kucing sebelumnya. Pembelian pun jangan dalam jumlah yang banyak, karena dalam suasana baru kucing bisa saja membutuhkan makanan tertentu.

2.         Shampo kucing. Kamu pasti tahu bahwa kucing mandi hanya pakai sampo, tidak memakai sabun. Nah, sampo ini harus memperhatikan karakteristik si kucing. Jika salah, justru bisa rontok.

3.         Bedak kucing. Sebenarnya kamu bisa menggunakan bedak bayi yang wangi untuk membuat bulu kucing tetap halus.

Begini cara merawat kucing anggora yang benar agar selalu sehat

Cara merawat kucing anggora agar selalu sehat tentu menyesuaikan di mana kamu tinggal. Namun, secara umum adalah sebagai berikut.

1.         Pilih makanan yang tepat

Pentingnya membeli makanan setelah kucing ada adalah supaya bisa memperhatikan antara kesukaan kucing dan kebutuhannya. Ada beberapa jenis dan merek makanan yang disukai kucing tetapi kandungannya membuat si kucing rontok bulu.

Sementara itu, ada juga makanan yang sebenarnya baik untuk si kucing tetapi tidak disukainya.

Umumnya si kucing akan lahap jika diberi makanan basah. Kamu bisa memberikannya hanya untuk beberapa saat setelah pindah ke rumahmu. Hal itu untuk menangani stres yang mengakibatkan nafsu makan menurun. Namun, jangan terus memberinya makanan basah karena bisa membuat bulu rontok dan mulut bau.

2.         Jangan memberi air minum mentah

Memberi makanan kering dan minum yang cukup adalah pilihan tepat untuk menjaga kebersihan. Namun, dalam memberi minuman kamu juga jangan sembarangan.

Berikan kucing air minum yang sudah dididihkan atau air mineral galon.

Hal itu karena air mentah mungkin saja mengandung bakteri yang justru akan membuat repot. Salah satu ciri bahwa kucing memakan atau meminum air bercampur bakteri adalah gigi yang mudah berkerak.

3.         Jaga kebersihan kandang dan jaga dari jangkauan kucing kampung

Hal tersebut harus dilakukan agar si kucing tidak terkena parasit pinjal yang biasanya menyebabkan bulu rontok. Jika kamu ingin menjaga proses biologis alami si kucing, sebaiknya kamu mengawinkan dengan kucing yang sehat.

4.         Jaga kebersihan kucing

Ini tentu yang paling penting. Bakteri selalu bisa muncul dari mana saja meskipun makanan dan kebersihan kandang sudah dijaga. Apabila kucing jarang dimandikan dan diberi bedak, maka penyakit tetap akan hinggap.

Memandikan secara rutin juga membuat kucing terlatih menghadapi suhu yang berubah.

5.         Vaksin

Salah satu bagian dalam cara merawat kucing anggora yang benar adalah memberinya vaksin. Ini adalah salah satu agenda rutin yang akan dilakukan para pemelihara kucing anggora. Vaksin dilakukan setidaknya tiga kali dalam seumur hidup si kucing. Hal ini harus dilakukan agar kucing tidak mudah terkena penyakit.

Gangguan yang sering terjadi pada kucing

Jika kamu tidak menjaga kebersihan si kucing dan kandangnya atau ada ketidakcocokan pada makanan, maka akan ada masalah-masalah berikut pada si kucing.

1.         Parasit pada bulu dan kulit

Cara merawat kucing anggora yang tidak benar akan membuat masalah pada bulu. Memang, salah yang sangat umum dihadapi oleh kucing anggora adalah soal bulu. Baik itu adalah kusam dan rontok, mudah lepek, hingga kulit terkelupas.

2.         Penyakit saluran kencing

Kucing mengalami ini jika terlalu banyak memakan bahan yang mengandung magnesium dan tidak disertai air mineral yang cukup. Gejala yang muncul biasanya kencing darah, susah buang air kecil, dehidrasi, dan ada kebiasaan menjilati kelaminnya sendiri.

3.         Muntah

Kucing memiliki kebiasaan untuk menjilati bulunya sendiri. Hal itu baik, karena menjaga kebersihan diri. Itu jugalah yang disebut mandinya kucing. Namun, apabila bulu yang tertelah terlalu banyak maka kucing akan memuntahkannya.

Untuk itu kesehatan bulu harus diperhatikan. Selain itu bakteri pada mulut juga bisa menjadi penyebab muntah pada kucing anggora.

Nah, sahabat, itu tadi adalah ulasan singkat mengenai kucing anggora dan cara merawat kucing anggora. Memiliki peliharaan memang sangat menyenangkan. Bahkan, ahli sudah membuktikan bahwa hewan peliharaan adalah terapi yang baik bagi anak-anak autis. Dalam memilih hewan peliharaan tersebut tentunya kamu harus memilih hewan yang aman. Nah, kucing anggora adalah hewan peliharaan aman yang menggemaskan.