Prenagen

Menjaga kesehatan ibu hamil sangatlah penting. Hal ini karena imun tubuh ketika hamil mengalami perubahan karena adanya janin dalam tubuh ibu. Dampaknya kesehatan ibu hamil mudah menurun dan bahkan tiba-tiba merasa sangat lemah. Ada banyak cara menjaga kesehatan ibu hamil seperti mengkonsumsi susu khusus kehamilan Prenagen, olahraga, dan sebagainya.

Beberapa cara mudah menjaga kesehatan ibu hamil

Prenagen
Prenagen

Asupan nutrisi yang seimbang

Bagi ibu hamil, makanan bergizi bisa membantu menambah daya tahan tubuh. Selain membantu perkembangan bayi agar sempurna, juga membantu pembentukan imun ibu dan calon bayi. Ada banyak jenis makanan bergizi yang bisa dikonsumsi ketika hamil, namun pastikan bila makanan tersebut sudah benar-benar matang. Hindari konsumsi makanan mentah atau setengah matang baik daging maupun sayuran karena bisa saja mengandung bakteri berbahaya. 

Olahraga ringan

Siapa bilang ibu hamil tidak boleh berolahraga. Ibu hamil malah disarankan untuk melakukan olahraga setiap hari seperti berjalan, jogging, ataupun berenang. Olahraga yang dilakukan sebaiknya tidak terlalu berat dan jangan sampai membuat tubuh terlalu lelah. Selain itu, ibu hamil juga sebaiknya menghindari pekerjaan rumah yang terlalu berat agar tidak terlalu lelah. 

Hindari kebiasaan buruk

Selama masa kehamilan, anda juga perlu menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk seperti minum minuman beralkohol, merokok, begadang, dan sebagainya. Kebiasaan buruk ini memberikan dampak besar bagi perkembangan janin dan juga kesehatan ibu. Oleh karena itu, kebiasaan buruk harus ditinggalkan. 

Banyak minum

Selain asupan nutrisi seimbang, ibu hamil juga harus banyak minum. Hal ini karena ibu hamil juga harus tetap terhidrasi dengan baik. Ada banyak pilihan minuman yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil seperti air putih, air kelapa, susu khusus ibu hamil Prenagen, dan sebagainya. Pastikan anda minum air dalam jumlah yang cukup agar tubuh tidak dehidrasi. 

Istirahat yang cukup

Bagi ibu hamil, istirahat juga menjadi salah satu cara menjaga kesehatan. Anda tidak boleh tidur larut malam dan harus tidur dalam jumlah yang cukup. Meskipun aktivitas sedang padat-padatnya, namun usahakan untuk tetap beristirahat dengan baik agar tubuh tetap kuat. 

Selain istirahat secara fisik, ibu hamil juga tidak boleh stress. Pikiran selama masa kehamilan harus selalu tenang dan bahagia. Meskipun sepele, ketenangan pikiran juga berpengaruh pada kondisi dan perkembangan janin. Anda bisa menghindari hal-hal yang bersifat negatif agar tidak terpengaruh dengan stress. 

Jangan malas cuci tangan

Ibu hamil harus selalu menjaga kebersihan badan. Salah satunya adalah dimulai dengan rajin mencuci tangan. Hal ini cara tangan menjadi pusat kuman dan bakteri setelah memegang berbagai macam benda. Selalu pastikan untuk mencuci tangan sebelum makan, tidur, ataupun setelah memegang benda-benda tertentu. Dengan selalu menjaga kebersihan, anda tidak mudah terserang penyakit dan tentunya akan lebih sehat selama hamil. 

Selain beberapa cara di atas, ibu hamil juga perlu menjaga berat badan sehat. Ibu hamil memang disarankan untuk selalu mengkonsumsi makanan bergizi, namun posisinya tetap harus seimbang dan tidak berlebihan. Dengan begitu kenaikan berat badan bisa lebih dikontrol.

Kenaikan berat badan berlebih selama hamil ternyata juga bukan hal yang baik. Anda bisa mengatur pola makan yang dirasa cocok atau berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Menjaga kesehatan ibu hamil sebenarnya mudah, anda hanya perlu melakukan beberapa tips di atas dengan konsisten.