PT Parna Raya
PT Parna Raya

Indonesia memang salah satu negara yang memiliki sumber daya alam cukup besar. Pengelolaan yang baik diharapkan bisa meningkatkan hasil sumber daya alam tersebut. Salah satu sumber daya alam berupa energi yang banyak dimanfaatkan adalah batu bara. Meskipun Indonesia hanya memiliki sekitar 0,5 persen cadangan batu bara di seluruh dunia. PT Parna Raya berkontribusi menggantikan sumber daya minyak yang terus berkurang dengan memiliki lahan eksplorasi batu bara seluas 12000 hektare di Kalimantan Timur.

Lisensi eksplorasi batu bara di Indonesia

Sebagai pemegang lisensi, Parna Raya akan melakukan tahap eksplorasi pada lahan pertambangan yang berada di Kalimantan Timur. Eksplorasi diharapkan bisa meningkatkan nilai batu bara yang digunakan untuk berbagai kebutuhan di Indonesia. Sektor energi serta sumber daya mineral bisa memberikan pengaruh besar pada perkembangan dan pembangunan nasional secara merata.

Manfaat batu bara dalam kehidupan manusia

Batubara merupakan fosil tanaman yang telah bercampur dengan berbagai media tanah selama ratusan juta tahun yang lalu. Campuran unsur karbon, nitrogen, hidrogen, oksigen dan sulfur karena kombinasi fosil tanaman dan tanah bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan hidup. Manfaat batu bara yang paling dominan dalam kehidupan adalah sebagai bahan energi pembangkit listrik tenaga uap atau PLTU di seluruh wilayah Indonesia.

Kementerian ESDM mengungkapkan bahwa cadangan batu bara di Indonesia masih bisa menjadi sumber energi utama pembangkit listrik hingga tahun 2050 nanti. Total konsumsi energi alternatif untuk PLTU pada tahun 2017 lalu telah mencapai angka 83 juta ton atau sekitar 86 persen dari keseluruhan penggunaan batu bara domestik. Selain sebagai bahan utama pembangkit listrik tenaga uap, batu bara juga berguna untuk sektor industri lho!

PT Parna Raya yang memiliki lisensi eksplorasi pada lahan pertambangan batu bara di Kaltim berharap produk energi alternatif ini bisa bermanfaat untuk sektor industri lain. Batubara bisa digunakan untuk industri baja, bahan bakar cair, produksi semen, produk aluminium, industri kertas, produksi plastik dan masih banyak manfaat yang lain. Pengelolaan yang benar dan sesuai prosedur pemerintah tentu bisa menjamin kehidupan yang lebih baik untuk manusia dan lingkungan alam.