program ekstensi d3 ke s1
program ekstensi d3 ke s1

Bagi kamu yang masih berkeinginan mendapatkan titel sarjana tidak perlu berkecil hati. Kini ada program ekstensi yang memberikan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan Program Ekstensi D3 ke S1.

Melanjutkan kuliah setinggi-tingginya menjadi dambaan setiap siswa. Sayangnya tidak semua mendapatkan kesempatan ini. Jurusan vokasi menjadi pilihan study yang banyak diminati saat ini. Alasan ingin cepat mendapatkan kerja serta penghasilan menjadi salah satu penyebab.

Saat memilih jurusan untuk melanjutkan ke jenjang S1 ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Hal ini demi menjaga kuliahmu selesai dengan cepat dan sesuai dengan keahlian yang dimiliki sehingga memiliki nilai jual nantinya. Ini ke lima hal tersebut.

program ekstensi d3 ke s1
program ekstensi d3 ke s1

1. Tentukan Universitas

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih universitas untuk melanjutkan pendidikan. Carilah informasi sebanyak-banyaknya agar kamu memiliki banyak pilihan yang bisa dipertimbangkan nantinya. Informasi bisa didapatkan melalui internet maupun orang-orang sekitar.

Kamu harus mencarai universitas yang memimiliki program ekstensi dan bukan dari awal lagi. Menggunakan jalur ini maka waktu kuliah untuk menjadi sarjana lebih singkat. Pilihlah universitas yang memiliki reputasi dan nilai akreditasi baik.

2. Pilih Jurusan

Saat memilih jurusan Program Ekstensi D3 ke S1 usahakan pilihan kamu sejalur dengan jurusan D3 yang sudah kamu tamatkan. Ini akan memudahkan kamu untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan keahlian dan keilmuan yang telah dimiliki.

Pastikan jurusan yang diinginkan ada pada universitas yang kamu pilih. Kamu bisa saja memilih jurusan yang tidak sejalur dengan jurusan D3, jika dirasakan ilmu yang didapatkan akan membantu kamu ke depannya. Pertimbangkan dengan baik dan jangan terburu-buru.

3. Biaya kuliah

Ini menjadi hal utama yang harus dipertimbangkan. Jangan sampai kuliah terhenti karena biaya yang dimiliki kurang. Kamu harus mencari informasi biaya yang dibutuhkan dengan tepat dan jika memungkinkan cari peluang mendapatkan beasiswa.

Pastikan biaya kuliah di universitas tersebut sesuai dengan dana kuliah yang telah disiapkan. Sehingga kuliah kamu tidak akan membutuhkan waktu panjang atau berhenti ditengah jalan karena masalah biaya yang dihadapi.

4. Fasilitas pendidikan

Cari tahu fasilitas yang ada pada universitas pilihan kamu. Dengan fasilitas yang baik maka keahilian kamu akan lebih terasah. Kamu bisa mencari informasi terlebih dahulu mengenai fasilitas yang telah disiapkan kampus untuk mendukung study.

Fasilitas yang dibutuhkan berupa ruang kuliah yang nyaman, laboratorium, perpustakaan dan berbagai fasilitas pendukung Program Ekstensi D3 ke S1 lainnya. Sehingga selama masa perkuliahan proses belajar akan lebih lancar. Gelar sarjana cepat diperoleh.

5. Kelas karyawan

Jurusan vokasi memungkin kamu cepat mendapatkan pekerjaan. Sehingga saat melanjutkan kuliah kamu harus bisa membagi waktu sebagai karyawan dan sebagai mahasiswa. Semua harus dilakukan secara professional.

Agar tidak menyulitkan membagi waktu ada baiknya kamu memilih kelas karyawan sebagai tempat melanjutkan kuliah. Pastikan universitas yang kamu pilih memiliki kelas karyawan. Salah satu universitas yang menyediakan kelas karyawan adalah IDS Digital Collage.

Kini cita-cita mendapatkan gelar sarjana tidak akan sulit kamu daptkan. Dengan memilih tempat kuliah yang tepat maka kamu akan cepat medapatkan titel yang diinginkan. Serta membuat bangga orang tua dan keluarga.

Program Ekstensi D3 ke S1 menjadi sebuah solusi untuk mendapatkan impian yang sempat tertunda. Tak ada yang tak mungkin selama kamu terus berusaha dan mencoba hasil yang didaptkan kan terasa sangat indah.