MKetika berkunjung ke toko bersama dengan si kecil pasti pandangan mereka akan tertuju pada beberapa mainan yang dapat menyita perhatian seperti, gitar mini, mobil-mobilan, kitchen set serta laptop mini. Dengan bentuknya yang mini dari versi aslinya mereka bisa bermain dengan peralatan orang dewasa tetapi dengan bentuk yang sesuai dengan ukuran mereka seperti bentuk rumah, kendaraan, alat musik serta peralatan olahraga lainnya.

Nah, kali ini kami akan membahas miniatur dan dampak yang didapatkan si kecil ketika bermain miniatur. Simak baik-baik ya!

1. Miniatur rumah

Sumber : orami.co.id

Miniatur rumah ini paling digemari oleh anak perempuan untuk dimainkan. Terdiri dari ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi, dapur serta taman seolah-olah dirancang mirip dengan aslinya. Ketika bermain permainan ini anak-anak bebas menata tempat tidur, tempat duduk, dan bermain peralatan dapur sesuai keinginannya.

Hal ini sangat berguna untuk membantu anak dalam hal mengembangkan kemampuan visual serta spasial anak. Selain itu permainan ini dapat mengembangkan kemampuan anak dalam berbicara dan negosiasi sehingga bisa membantunya untuk saling berinteraksi.

2. Miniatur Kitchen set

Sumber : banggood.com

Mainan yang satu ini mengajak anak-anak untuk belajar memasak dan menjadi chef dengan menggunakan peralatan dapur yang ada. Anak akan merasakan menjadi orang lain serta bisa membangun empati, mengenal urutan proses masak dari proses pura-pura menjadi chef. Selain itu anak-anak juga dapat mengetahui fungsi peralatan masak serta dapat menimbulkan keterampilan gerakan dalam memasak.

3. Miniatur alat musik

Sumber : dissolve.com

Miniatur ini akan  menarik perhatian anak dari bunyi-bunyian yang dihasilkannya. Jadi tak heran ketika bermain tuts piano, memetik senar gitar koleksi kamu, atau bahkan memainkan benda benda yang bisa menimbulkan bunyi mereka akan merasa senang sekali. Supaya anak-anak tidak merusak alat musik asli miniatur ini sangat cocok untuk dimainkannya.

Ketika bermain miniatur alat musik anak-anak juga dapat mengenal berbagai macam tangga nada serta irama. Selain itu anak-anak juga akan belajar sebab serta akibat jika mereka melakukan sesuatu pada mainnya tersebut.

4. Miniatur Tea Set

Sumber : wap.mi.baca.co.id

Coba kamu ajak teman bermain si kecil minimal 2 orang untuk menemaninya bermain. Jika mereka tidak bisa untuk menemani si kecil bermain, siapkan boneka-boneka kesayangan dan letakkan di kursi. Keterampilan sosial anak akan berkembang ketika bermain satu set peralatan minum teh.

Mintalah si kecil untuk berperan sebagai pemilik rumah atau tuan rumah yang menyediakan tea set serta mengatur dengan rapi di atas meja. Selain melatih kemandiriannya hal ini juga akan melatih keterampilan berbicara terhadap orang lain dan saling berbagi cerita.

5. Miniatur Laptop

Sumber : orami.co.id

Mainan ini akan menarik perhatian anak karena dilengkapi dengan layar yang dapat menampilkan gambar. Tidak hanya gambar saja miniatur laptop ini bisa juga mengeluarkan bunyi dan si kecil juga bisa menekan deretan tombol yang menarik.

Mainan mini laptop ini dapat mengajarkan anak tentang teknologi informasi sederhana, sedangkan untuk mainan tuts laptop dengan bentuk besar, anak akan mendapatkan keterampilan dasar dengan menggunakan keyboard.

Tidak hanya itu dengan permainan miniatur laptop ini anak-anak bisa dapat memahami perintah sederhana, dapat meningkatkan kemampuan dalam berbahasa, kemampuan berhitung serta dapat menikmati musik.

Nah, buat para moms jangan lupa untuk memberikan mainan si kecil supaya otakya terus terasah dan mengedukasinya, ya!